Liga 1

Aksara Jawa Soal Tragedi Kanjuruhan Jadi Polemik, Arema FC Rombak Jersey Home

Jumat, 7 Juli 2023 11:14 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Jersey home dan away Arema FC. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Jersey home dan away Arema FC.

INDOSPORT.COM - Belum genap sepekan, Arema FC sudah harus melakukan revisi terhadap jersey baru untuk Liga 1 Indonesia 2023-2024, yang diluncurkan pada Sabtu (1/7/23) lalu.

Revisi itu memang hanya sedikit, namun justru krusial. Pasalnya, terdapat kesalahan pada penyematan angka bertuliskan 135 bersanding gambar bunga mawar.

Sebenarnya, konsep ini melanjutkan desain pada jersey keempat Arema FC 2022/2023, yang dikhususkan untuk mengenang korban Tragedi Kanjuruhan.

Awalnya, klub berlogo kepala singa hendak melakukan konsep menuliskan angka itu dalam bentuk Aksara Jawa atau Bahasa Sanskerta di punggung jersey home.

Namun setelah ditelisik, ada kesalahan penulisan angka yang dalam tatanan Aksara Jawa, justru bermakna angka 945. Kekeliruan tersebut ramai diperbincangkan di media sosial.

Akun @Jersey Ligina yang dikenal sebagai wadah bertemunya para pecinta jersey di jejaring sosial Twitter, lantas membahas kesalahan tersebut.

Sudah jelas, hampir semua respons dari para pecinta jersey mencibir kebijakan Arema FC perihal konsep desain jersey kandang Liga 1 2023/24 berwarna biru navy itu.

"(Tulisan Aksara Jawa) ini bacanya 135, 145, atau malah 945? Nanya serius!!," tulis akun @budex_wibowo dengan nama lima tiga.

"Harusnya penulisan yang tepat yang mana ya? Yang tertera (pada punggung jersey) kelihatannya 945," timpal @raflimawlana pada kolom komentar.

Perihal polemik yang terjadi, Arema FC langsung bergerak cepat untuk meredam. Klub lantas melakukan revisi dengan menuliskan angka secara benar.

Tulisan dalam Aksara Jawa yang dimaksud 135 kemudian diubah secara benar sesuai tatanan Bahasa Sanskerta. Bentuknya memang berbeda jauh dari sebelumnya.

"Kami sampaikan terima kasih atas saran dan masukan terkait beredarnya jersey home yang sempat dikenalkan ke awak media. Sekarang dipastikan sesuai Aksara Jawa yang benar," ucap Manajer Arema FC Store, Tjiptadi Purnomo, Kamis (6/7/23).

Jersey dengan satu-satunya ditambahkan tulisan Aksara Jawa bermakna 135 untuk mengenang korban Tragedi Kanjuruhan itu memang khusus untuk laga home.

Yang paling dekat, jersey itu akan langsung digunakan oleh Bagas Adi Nugroho dkk. saat menjamu Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Jumat (7/7/23).

"Jersey ini secara khusus dibuat untuk menghormati korban Tragedi Kanjuruhan. Partai kandang nanti pertama kalinya jersey menampilkan angka 135 dengan Aksara Jawa," tandas Tjiptadi.