Timnas Indonesia

Hasil Rapat Menpora Dito Ariotedjo dan Ketum PSSI Erick Thohir: 8 Stadion untuk Piala Dunia U-17

Jumat, 7 Juli 2023 23:46 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Isman Fadil/INDOSPORT
Jakarta International Stadium (JIS) siap jadi venue Piala Dunia U-17 2023. (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT) Copyright: © Isman Fadil/INDOSPORT
Jakarta International Stadium (JIS) siap jadi venue Piala Dunia U-17 2023. (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menggelar rapat lanjutan persiapan Piala Dunia U-17 2023, Jumat (07/07/23).

Seperti diketahui, FIFA telah menunjuk Timnas Indonesia U-17 untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Hal ini membuat PSSI bekerjasama dengan Kemenpora langsung sibuk melakukan persiapan. 

Terdapat beberapa benang merah dari hasil rapat pada hari ini, tentunya mengenai venue Piala Dunia U-17 2023 yang cukup menjadi polemik.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjelaskan bahwa total ada delapan lapangan yang bakal diajukan ke FIFA. Enam diantaranya merupakan stadion yang sebelumnya ditujukan untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Sesuai rencana nanti lapangan-lapangan yang kita prioritaskan ada empat sampai delapan lapangan," kata Erick Thohir pada sesi jumpa pers hari ini, Jumat (07/07/23).

"Ya kan memang kita sudah ada 6, lapangan yang memang sudah lolos kualifikasi yang sbeelumnya, nah kita tambahkan 2 lagi," timpal Erick Thohir.

Satu diantara dua tambahan lapangan yang dimaksud Menteri BUMN tersebut tentu yang baru-baru ini tengah ramai menjadi perbincangan, yakni Jakarta International Stadium (JIS). 

"Yang satunya lagi ya pasti yang di deket Jakarta, dideket kita lah gitu. Kan ada beberapa lapangan di dekat Jakarta juga," kata Erick Thohir.

Sampai saat ini, dikatakan Erick Thohir bahwa belum ada kabar pasti soal jadwal kedatangan FIFA ke Indonesia untuk penilaian kedelapan stadion tersebut, termasuk Jakarta International Stadium (JIS).

"Kita masih tunggu jadwal FIFA datang ke Indonesia untuk mengkoreksi lapangan yang diajukan. Tentu kita memprioritaskan lapangan yang sudah lolos untuk kejuaraan sebelumnya," ujar Erick Thohir.

Sekedar informasi, untuk area Jakarta sendiri terdapat 4 stadion yang biasanya digunakan untuk pertandingan Liga 1,  yaitu Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Stadion Pakansari Bogor, dan Indomilk Arena Tangerang.

Dari keempat stadion tersebut, hanya Stadion Pakansari Bogor yang masuk kedalam daftar rencana renovasi 22 stadion jelang Piala Dunia U-17 2023. Jadi, kemungkinan besar satu stadion yang dimaksud Erick Thohir tersebut ialah Stadion Pakansari Bogor.