Liga 1

Liga 1 Tetap Jalan, PSSI Carikan Solusi untuk 'Tim Musafir' saat Piala Dunia U-17 2023 Berlangsung

Sabtu, 8 Juli 2023 15:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan, Liga 1 2023/24 tetap berjalan normal saat event Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Copyright: © PSSI
Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan, Liga 1 2023/24 tetap berjalan normal saat event Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan, Liga 1 2023/24 tetap berjalan normal saat event Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

PSSI akan membantu mencarikan stadion alternatif untuk klub yang markasnya digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kejuaraan dua tahunan itu.

Indonesia akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Karena itu PSSI menyiapkan 4-8 stadion untuk dipakai.

Sebagian besar stadion yang akan digunakan adalah venue yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 yang batal digelar di Indonesia.

Contohnya adalah Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali) dan masih banyak lagi.

Hal ini lantas menjadi masalah baru karena stadion-stadion tersebut dipakai sebagai kandang untuk klub Liga 1 seperti Persebaya Surabaya, Bali United, Persis Solo dan lain-lain.

Karena itu, PSSI akan mencarikan solusi atau stadion alternatif untuk klub yang jadi musafir atau terdampak dari adanya Piala Dunia U-17 2023. Ada beberapa stadion yang dinilai layak dipakai di kompetisi.

"Kemarin saya sudah bertemu dengan klub Liga 1, seperti yang sudah disepakati awal karena memang AFF U-23 (Agustus) dan juga Asian Games (September) Liga 1 tidak berhenti," buka Erick Thohir.

"Karena kita juga punya cita-cita yang namanya Liga 1 jadi yang terbaik di Asia Tenggara, tetapi tahun ini berhenti total kan ngga mungkin. Apalagi dari Liga 1 sudah memberikan kesempatan kepada timnas," imbuhnya.

"Bagaimana dengan tim yang sudah mempunyai home base? ya tentu kita sudah duduk, kita akan memetakan lapangan mana yang mereka bisa pakai," lanjut pria yang juga menjabat Menteri BUMN itu.

"Contoh misalnya kalau di Surabaya itu GBT sedang dipakai, itu ada opsi beberapa lapangan lain di sana. Di Jawa Barat pun seperti itu, di Jakarta pun ada opsi juga, jadi ya kita memberikan solusi yang terbaik pada liga juga," tambahnya.

Lebih lanjut, Erick Thohir menyampaikan, hingga saat ini belum diketahui stadion mana yang akan dipakai di Piala Dunia U-17. FIFA belum memberikan kabar kapan datang ke Indonesia untuk melakukan verifikasi kedelapan stadion tersebut.

"Kita masih tunggu jadwal FIFA datang ke Indonesia untuk mengkoreksi lapangan yang diajukan. Tentu kita memprioritaskan lapangan yang sudah lolos untuk kejuaraan sebelumnya," ujar Erick Thohir.

Sementara untuk persiapan Timnas U-17 ke Piala Dunia U-17 2023, PSSI telah menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih kepala. Dia sudah mulai lalukan seleksi pemain yang diambil dari Liga 1 dan kompetisi-kompetisi lain.

Pemusatan latihan Timnas U-17 dijadwalkan mulai 10 Juli mendatang. Apabila sudah terpilih skuad utama, skuad Garuda Muda akan lakukan TC ke Eropa dan beberapa negara di benua lain.