In-depth

5 Peraih Golden Boy Paling Sial dalam Sejarah, Nasibnya Kini Mengenaskan

Minggu, 9 Juli 2023 20:28 WIB
Editor: Juni Adi
© Goal.Uk
Trofi Golden Boy. Copyright: © Goal.Uk
Trofi Golden Boy.

INDOSPORT.COMGolden Boy Award merupakan pengharagaan untuk pemain muda terbaik tetapi memenangkan itu tidak menjamin karier sepak bolanya berjalan mulus.

Penghargaan bergengsi untuk pemain muda terbaik bernama Golden Boy kembali akan hadir untuk edisi 2023. Sebanyak 100 wonderkid masuk dalam daftar calon pemenang.

Beberapa di antaranya adalah nama-nama yang sudah tidak familiar seperti Matias Soule (Juventus), Arda Guler (Fenerbahce/Real Madrid), Valentin Carboni (Inter Milan), hingga Maximo Perrone (Manchester City).

Penghargaan Golden Boy yang diperuntukkan bagi pemain di bawah usia 21 tahun. Sampai sejauh ini sudah 20 nama meraih penghargaan itu.

Untuk dua edisi terakhir, Liga Spanyol cukup sering menyumbang pemain sebagai pemenang karena munculnya banyak pemain muda berbakat dari Negeri Matador.

Adapun dua pemain dari Liga Spanyol yang memenangkan dua edisi terakhir adalah penggawa Barcelona, Pedri dan Gavi.  Pedri menyabet penghargaan ini pada tahun 2021 sedangkan Gavi meraihnya tahun lalu.

Penghargaan Golden Boy sendiri pertama kali diinisiasi oleh Tuttosport pada 2003 silam. Layaknya penghargaan Ballon d'Or yang diinisiasi oleh media ternama dari Prancis, France Football.

Untuk mekanisme penentuan pemenang sendiri Golden Boy sendiri dilakukan oleh jurnalis perwakilan dari media-media ternama Eropa.

Penghargaan ini dianggap membantu dalam mengenali talenta muda terbaik Eropa untuk terus dijaga bakatnya oleh klub pemilik.

Lionel Messi dan Sergio Aguero menjadi salah satu pemain yang pernah memenangkannya dan meraih kesuksesan di sepak bola.

Namun, tidak semua pemenang Golden Boy memiliki karir yang sukses. Berikut adalah lima pemenang penghargaan bergengsi ini yang gagal mencapai potensi mereka.