In-depth

Apa Kabar Eks Persib Asal Jepang Shohei Matsunaga yang Ngebet jadi WNI, Sudah Pensiun Dini?

Minggu, 9 Juli 2023 19:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Arief R/INDOSPORT
Shohei Matsunaga, mantan pemain Persib Bandung. Copyright: © Arief R/INDOSPORT
Shohei Matsunaga, mantan pemain Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Penggemar Persib Bandung tentu masih ingat dengan nama Shohei Matsunaga. Gelandang serang asal Jepang itu membela Maung Bandung pada musim 2010/2011.

Saat itu, Persib mendatangkan Shohei dari klub Liga 2 Jepang, Ehime. Dia lantas tampil dalam 13 pertandingan dan mencetak tiga gol untuk tim kebanggaan Bobotoh.

Shohei hanya bertahan semusim di Persib dan pindah ke Persiba Balikpapan pada musim 2011/12. Di sana, ia memainkan 33 pertandingan dengan torehan tujuh gol.

Namun, lagi-lagi pemain 34 tahun itu hanya semusim di tim Kalimantan. Shohei lantas berlabuh ke Gresik United pada 2013. Dia tiga musim di klub Jawa Timur itu dan catatkan 46 penampilan dengan 12 gol.

Pada 2016, gelandang kelahiran Mishima itu kembali ke Persiba Balikpapan. Shohei beraksi dalam 33 pertandingan di ISC A dengan catatan 13 gol.

Ketika era Liga 1 dimulai pada 2017, Shohei kembali didatangkan oleh Persib Bandung. Dia dinilai sudah matang di Liga Indonesia.

"Matsunaga yang sekarang adalah Matsunaga yang sudah lebih matang, dulu kan dia disini masih usia 20 tahun sekarang 27 tahun sudah dalam usia emas menurut saya sebagai pemain asing Asia," ujar pelatih Persib saat itu, Djajang Nurdjaman.

Pada kesempatan keduanya di Persib, Shohei dipercaya tampil di 32 pertandingan dan menorehkan tiga gol.

Setelahnya, pada Liga 1 2018, Shohei pindah ke Persela Lamongan. Tapi dia hanya setengah musim di sana dan mencetak empat gol dari 16 pertandingan.

Putaran kedua Liga 1 2018, Shohei merapat ke PSMS Medan. Bersama tim Ayam Kinantan, dia mencetak 10 gol dari 15 kali penampilan.