Timnas Indonesia

Fakhri Husaini, Pelatih yang Hampir Bawa Indonesia ke Piala Dunia U-17 Jalur Prestasi

Selasa, 11 Juli 2023 18:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fakhri Husaini dan para pemain Timnas Indonesia U-16 yang hampir lolos ke Piala Dunia U-17. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fakhri Husaini dan para pemain Timnas Indonesia U-16 yang hampir lolos ke Piala Dunia U-17.

INDOSPORT.COM - Fakhri Husaini menjadi pelatih lokal yang hampir membawa timnas Indonesia ke Piala Dunia U-17 lewat jalur prestasi.

Sebagaimana diketahui, Indonesia ditunjuk FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, menggantikan Peru yang tidak siap secara sarana dan prasarana.

Piala Dunia U-17 tahun ini dijadwalkan pada 10 November hingga 2 Desember mendatang. Ada 24 negara yang akan bertanding berebut trofi bergengsi, salah satunya timnas Indonesia.

PSSI menunjuk Bima Sakti yang sebelumnya membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2022, menjadi pelatih kepala timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Padahal, sebelum era Bima Sakti, ada pelatih lokal yang juga sukses menukangi Timnas Indonesia kelompok usia muda, dan hampir lolos ke Piala Dunia U-17 lewat jalur prestasi.

Sosok itu adalah Fakhri Husaini, yang cukup vokal menyuarakan agar timnas Indonesia tidak menggunakan terlalu banyak pemain naturalisasi, dan percaya kepada pemain lokal.

Saat ini, Fakhri Husaini disibukkan menjadi pelatih Deltras Football Academy, membina pemain muda untuk bisa naik ke Deltras FC, tim Liga 2 yang ditukangi oleh Widodo C. Putro.

Jauh sebelumnya, Fakhri Husaini memiliki kisah sukses bersama timnas Indonesia. Ia melakukan scouting ke berbagai daerah, dan bertemu pemain-pemain potensial seperti Bagus Kahfi, Brylian Aldama, dll.

Para pemain hasil scouting itu kemudian tergabung di timnas Indonesia U-16, yang berhasil meraih juara Piala AFF U-16 2018.

Dengan tambahan beberapa pemain potensial seperti Sutan Zico, timnas U-16 besutan Fakhri Husaini pun melanjutkan perjuangan di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 di Thailand.