In-depth

3 Keuntungan Persija dan Persib Jika Bungkus Eks Bali United Brwa Nouri

Jumat, 14 Juli 2023 17:49 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Bali United
Brwa Nouri nyaris jatuh diserang Febri Hariyadi Copyright: © Bali United
Brwa Nouri nyaris jatuh diserang Febri Hariyadi

INDOSPORT.COM - Keputusan Bali United mendepak gelandang andalan Brwa Nouri di awal Liga 1 2023/24 cukup mengejutkan. Padahal, sejatinya pemain berpaspor Irak itu masih terikat kontrak di sana.

Nouri baru saja menandatangani perpanjangan kontrak dengan Bali United pada 3 Juni silam. Kerja sama baru tersebut diketahui untuk dua musim atau hingga 2024/25. 

Gelandang berusia 36 tahun itu dua kali membantu Bali United juara Liga 1 2019 dan 2021/22. Nouri tampil dalam 123 pertandingan dengan catatan satu gol dan enam assist. 

Dicoretnya Brwa United dari Bali United tentu membuka peluang bagi klub Liga 1 lain untuk mendapatkan servisnya. Setidaknya, ada dua klub yang bisa jadi pelabuhan, yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung. 

Meski tak ada rumor, Persija bisa mempertimbangkan untuk merekrut Brwa Nouri. Tim Macan Kemayoran kini masih menyisahkan dua slot pemain asing bebas (non Asia Tenggara). 

Memang Persija sudah dikaitkan dengan Maciej Gajos yang kini berada di Indonesia. Tapi, masih tersisa satu slot pemain asing bebas meski Gajos diresmikan. 

Sementara bagi Persib, Brwa Nouri bisa jadi pertimbangan setelah cederanya pemain asing, Tyronne del Pino yang cedera. Tyronne kini pulang ke Spanyol untuk menyembuhkan cedera dan belum diketahui kapan kembali. 

Situasi itu membuat pendukung Persib di media sosial, menyarankan ke manajemen Maung Bandung untuk merekrut Brwa Nouri yang sedang free transfer. 

Meski demikian, baik Persija Jakarta ataupun Persib Bandung tentu punya kebijakan dan kebutuhan masing-masing. Belum tentu kedua klub tersebut juga tertarik dengan kualitas Brwa Nouri. 

Oleh sebab itu, INDOSPORT mencoba membahas beberapa keuntungan yang didapat Persija maupun Persib andai merekrut Brwa Nouri. 

Bebas Transfer

Baik Persija maupun Persib tidak perlu merogoh kantong untuk mendatangkan Brwa Nouri. Status Nouri adalah bebas transfer setelah diputus kontrak oleh Bali United. 

Persija ataupun Persib Bandung hanya perlu negosiasi gaji dengan pemain berpaspor Irak. Nilai pasar Nouri saat ini berada di kisaran Rp5,6 miliar berdasarkan catatan Transfermarkt

Berkualitas dan Kenyang Pengalaman

Jika mendatangkan Brwa Nouri, Persija atau Persib tidak perlu khawatir soal masalah adaptasi. Dia sudah hafal di luar kepala soal sepak bola Indonesia karena berkarier sejak 2018 bersama Bali United. 

Gelandang keturunan Swedia itu punya kualitas yang tak perlu diragukan lagi, meski usianya hampir kepala empat. Nouri pernah beraksi di UEFA Europa League 2017/2018. 

Dia pernah mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1 di leg kedua babak 32 besar Liga Europa 2017/18. Nouri menjabat kapten untuk klub Swedia, Ostersunds FK.

Nouri bisa berperan sebagai gelandang tengah dan gelandang bertahan. Ketenangan, passing akurat dan pandai membaca permainan jadi atribut yang dimiliki eks Timnas Swedia U-17 itu. 

Administrasi Lengkap

Dengan deadline transfer atau penutupan jendela transfer pada 20 Juli, urusan adminstrasi tentu hal yang harus diperhitungkan. Pemain debutan di Liga Indonesia tentu wajib mengurus adminstrasi seperti visa kerja dan izin tinggal yang memakan waktu. 

Sedangkan Brwa Nouri bisa dibilang tak membutuhkan waktu untuk mengurus hal itu. Izin kerja dan tinggalnya tentu masih aktif, mengingat dia bermain di dua pekan awal Liga 1 2023/24.