In-depth

Awas Onana! Man United Kerap Sial Boyong Pemain dari Liga Italia

Rabu, 19 Juli 2023 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Daniele Mascolo
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, meneruskan trennya memboyong pemain dari Liga Italia (Serie A), yakni Andre Onana. Copyright: © Reuters/Daniele Mascolo
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, meneruskan trennya memboyong pemain dari Liga Italia (Serie A), yakni Andre Onana.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, meneruskan trennya memboyong pemain dari Liga Italia (Serie A), yakni Andre Onana.

Kiper berpaspor Kamerun itu didatangkan oleh Man United dari Inter Milan dengan biaya total 55 juta euro atau setara dengan Rp928 miliar.

Kedatangannya ini pun hanya tinggal menunggu peresmian dari pihak klub saja. Saat ini, eks kiper Ajax Amsterdam itu dikabarkan akan menyusul skuad Setan Merah yang melakoni pramusim.

Kedatangannya juga menambah panjang daftar pemain Liga Italia yang pernah diboyong Man United sejak tahun 2000 atau abad ke-21 ini.

Tercatat, klub asal Manchester ini telah mendatangkan delapan pemain dari Liga Italia sejak tahun 2000 hingga tahun 2021 lalu.

Lalu,siapa saja pemain Liga Italia yang pernah diboyong Manchester United sebelum Andre Onana? Bagaimana kiprah para pemain dari kompetisi negeri Pizza itu kala berseragam Setan Merah? Berikut ulasan INDOSPORT.

1. Juan Sebastian Veron

Pada tahun 2000 lalu, Man United memecahkan rekor transfer Liga Inggris kala memboyong Juan Sebastian Veron dari Lazio dengan harga 24,3 juta poundsterling.

Kedatangannya pun membawa harapan besar. Nahas, pemain asal Argentina itu sulit berkembang di Old Trafford akibat kesulitan adaptasi dan cedera.

Usai tampil sebanyak 82 kali dengan torehan 11 gol dan 15 assist, Veron kemudian dilepas ke Chelsea pada 2003 dan kembali ke Italia pada 2004.

2. Laurent Blanc

Pada 2001, Man United membuat kejutan dengan mendatangkan bek gaek pada diri Laurent Blanc dari Inter Milan dengan status bebas transfer.

Saat itu, Blanc datang di usia 35 tahun. Ia pun kemudian menjadi andalan di lini pertahanan dengan tampil sebanyak 75 kali bagi Man United.

Alih-alih dianggap gagal, Blanc dianggap sukses ketimbang Veron, karena ia mampu mempersembahkan gelar Liga Inggris untuk Manchester United sebelum pensiun pada 2003.