In-depth

Chelsea Gaet Maguire untuk Gantikan Fofana, Blunder atau Pembelian Tepat?

Rabu, 19 Juli 2023 11:11 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Craig Brough
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, dikabarkan akan menggaet Harry Maguire dari Manchester United untuk menggantikan Wesley Fofana. Copyright: © Reuters/Craig Brough
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, dikabarkan akan menggaet Harry Maguire dari Manchester United untuk menggantikan Wesley Fofana.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, dikabarkan akan menggaet Harry Maguire dari Manchester United untuk menggantikan Wesley Fofana.

Kabar ini mengemuka setelah Chelsea melaporkan Fofana menderita cedera ACL yang memaksanya harus melakukan operasi dan berpotensi absen di musim 2023/24.

Di sisi lain, Maguire juga dikabarkan akan dijual Man United. Hal tersebut membuat tim berjuluk The Blues itu menjadi salah satu peminatnya.

Kebetulan, Chelsea ingin mendatangkan figur senior untuk membimbing skuad mudanya. Bek berusia 30 tahun itu dianggap sebagai salah satu opsi tepat.

Apalagi Maguire punya rekam jejak pernah menjadi kapten Man United, sebelum status itu dicopot pada tahun 2023 ini.

Tak ayal rumor Chelsea menggaet Harry Maguire kian berkembang setelah Wesley Fofana mengalami cedera yang amat parah.

Hadirnya rumor ini membuat pertanyaan pun kemudian mengemuka. Apakah keputusan Chelsea menggaet Maguire akan menjadi blunder atau pilihan yang tepat?

Untuk menjawabnya, perlu melihat perbandingan antara Maguire dan Fofana dalam setahun terakhir bersama Man United dan Chelsea.

Jika melihat radar yang dirangkum oleh DataMB di bawah, maka bisa dilihat bahwa Maguire dan Fofana punya kemiripan dalam gaya bermain sebagai bek.

© DataMB
Perbandingan statistik Wesley Fofana dan Harry Maguire. (Foto: DataMB) Copyright: DataMBPerbandingan statistik Wesley Fofana dan Harry Maguire. (Foto: DataMB)

Perbedaan hanya terlihat dari Defensive Actions, yang menggambarkan jika Fofana lebih bertipe bek tengah agresif ketimbang Maguire.

Agresifitas Fofana juga terlihat dari kemampuannya membantu serangan. Sedangkan Maguire unggul dalam beberapa sektor seperti operan, dan duel di lapangan serta udara.

Lalu, bagaimana dengan kualitas Harry Maguire lebih jauh? Apakah ia akan cocok menggantikan Wesley Fofana di Chelsea musim depan?