In-depth

Bedah Kualitas Marc Guehi Eks Pemain Buangan yang Kembali Dipungut Chelsea

Kamis, 20 Juli 2023 13:33 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ashley Western/PA Images via Getty Images
Marc Guehi, pemain Crystal Palace. Copyright: © Ashley Western/PA Images via Getty Images
Marc Guehi, pemain Crystal Palace.

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea sedang serius untuk mendaratkan mantan pemain buangannya yakni Marc Guehi pada bursa transfer musim panas ini.

Pelatih Chelsea yaitu Mauricio Pochettino memang sedang pusing di bursa transfer musim panas 2023. Ia berniat untuk menjadikan Marc Guehi sebagai pengganti Wesley Fofana.

Marc Guehi saat ini masih menjadi bek andalan Crystal Palace dan terikat kontrak hingga 30 Juni 2026 mendatang.

Meski belum masu dilepas oleh Crystal Palace, namun Chelsea bersikeras untuk mendapatkan tanda tangan pemain berusia 23 tahun tersebut.

Bukan tanpa alasan, Chelsea kini dipusingkan dengan cederanya Wesley Fofana. Ia menderita ACL yang diprediksi absen pada kompetisi musim 2023-2024.

Marc Guehi menjadi pilihan untuk menggantikan Wesley Fofana. Namun kini harganya semakin meningkat seiring mendapatkan posisi inti di lini belakang Crystal Palace.

Dilansir dari Daily Mail, Marc Guehi dikabarkan akan dibanderol 60 juta poundsterling atau sekitar Rp1,1 triliun, dan sebelumnya sempat diincar Arsenal.

Marc Guehi sendiri adalah pemain jebolan akademi Chelsea. Namanya pertama kali melambung saat ia menjadi eksekutor penalti tim akademi The Blues kala melawan Dinamo Zagreb di perempatfinal UEFA Youth League 2018-2019 lalu.

Kala itu, Marc Guehi mengeksekusi penalti tanpa mengambil ancang-ancang dan mampu menaklukan kiper lawan dengan mudah.

Chelsea yang sadar akan bakatnya lantas memberinya jalan untuk mencicipi karier profesional di mana ia dipinjamkan ke Swansea City saat usianya baru 19 tahun di pertengahan musim 2019/20.

Peminjaman itu berlanjut hingga musim 2020-2021 di mana Guehi menjadi salah satu instrumen penting di balik keberhasilan Swansea menembus babak Play-Off dalam dua musim beruntun.

Saat kontrak peminjaman selesai, Chelsea justru menjualnya ke Crystal Palace dengan biasa Rp405 miliar pada bursa transfer musim panas 2021.

Kini Marc Guehi telah menjadi bek sukses di Crystal Palace dan sedang diincar oleh sejumlah klub termasuk Chelsea dan Arsenal pada bursa transfer musim panas 2023.

Bila Chelsea sukses mendapatkan jasa Marc Guehi, mampukah sang pemain bisa menggantikan posisi Wesley Fofana? Berikut kami telah membedah kualitas sang pemain: