Liga 1

Alasan Masuk Akal Arema FC Rekrut Striker Naturalisasi Gaek Greg Nwokolo

Jumat, 21 Juli 2023 17:21 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© MO Arema FC
Greg Nwokolo menjadi rekrutan terakhir Arema FC. (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Greg Nwokolo menjadi rekrutan terakhir Arema FC. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Pengalaman dan jiwa kepemimpinan menjadi alasan Arema FC merekrut striker naturalisasi Greg Nwokolo untuk menambah kekuatan di Liga 1 Indonesia 2023-2024. 

Pelatih Arema FC, Joko Susilo, menyebut Greg sudah malang melintang di sepak bola Indonesia dan sempat memperkuat beberapa klub, di antaranya Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Madura United, termasuk Arema FC.

Sehingga, melihat pengalaman yang dimiliki oleh pemain berusia 37 tahun ini maka Singo Edan memutuskan untuk merekrutnya. Apalagi, peran Greg di Arema FC sangat dibutuhkan.

Gethuk, sapaan Joko Susilo, memastikan peran Greg di skuad Singo Edan bisa mengangkat motivasi rekan setim, mengingat dorongan secara figur pemain juga menjadi hal penting selain faktor teknis.

"Greg diambil karena dia sebagai leader, dia berpengalaman. Kebutuhan tim Arema FC adalah leader," kata Joko Susilo dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

Selain itu, keputusan Arema FC merekrut Greg juga sebagai antisipasi, pasalnya cederanya Charles Lokolingoy membutuhkan waktu kurang lebih empat pekan. 

"Hal itu menjadi salah satu pertimbangan. Cederanya Lokolingoy yang sampai empat pekan lebih juga harus diantisipasi," ungkapnya.

Kehadiran pemain yang berposisi sebagai winger ini, diharapkan bisa mengangkat posisi Singo Edan di klasemen. Apalagi, hingga menjelang pekan keempat Liga 1 2023-2024 Arema FC berada di peringkat ke-17.

Pada tiga pertandingan yang sudah dilakoni di Liga 1 2023-2024, Arema FC baru mengoleksi satu poin, hasil dari bermain imbang dengan Persib Bandung.

"Slot pemain asia dan naturalisasi ditutup dengan Greg Nwokolo. Diharapkan masuknya Greg bisa mengangkat posisi Arema FC yang masih berada di bawah," jelasnya. 

Sebagai informasi, nama Greg Nwokolo sudah tidak asing lagi di sepak bola Indonesia, pasalnya selain sempat memperkuat beberapa klub di tanah air dia juga pernah bermain untuk Timnas Indonesia.

Bahkan di musim 2012-2013, saat menjadi bagian dari Singo Edan, Greg mampu memberikan kontribusi di antaranya dengan menyumbangkan gol dan membawa Arema berada di papan atas yakni peringkat kedua.

Catatan manis tersebut, diharapkan bisa kembali ditorehkan oleh pemain kelahiran 3 Januari 1986 ini, agar Arema FC bisa meraih hasil maksimal di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

"Itu menjadi catatan tersendiri bagi Greg Nwokolo, semoga dia juga memberikan kontribusi lebih dan menjadi motivasi bagi tim," ujarnya. 

Di sisi lain, pemain yang bisa melakoni beberapa posisi selain sayap ini sebelumnya memperkuat Madura United. Total 89 pertandingan dia jalani di beberapa kejuaraan dengan torehan 25 gol dan 20 assist.

Selain itu, dalam kariernya sebagai pemain sepak bola, Greg juga sempat memperkuat klub asal Thailand, di antaranya Leo Chiangrai United dan Police Tero FC.