Timnas Indonesia

Gibran Kawal FIFA Cek Manahan, Kekuatan Penuh Menuju Piala Dunia U-17 2023

Minggu, 23 Juli 2023 15:02 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Pemkot Surakarta
Walikota Solo, Gibran Rakabuming, mengecek Stadion Manahan Solo. (Foto: Pemkot Surakarta) Copyright: © Pemkot Surakarta
Walikota Solo, Gibran Rakabuming, mengecek Stadion Manahan Solo. (Foto: Pemkot Surakarta)

INDOSPORT.COM - Walikota Solo, Gibran Rakabuming, mempersiapkan kekuatan penuh menuju Piala Dunia U-17 2023. Ia akan mengawal langsung pengecekan yang dilakukan FIFA.

Kota Solo sudah dipilih pemerintah sebagai tuan rumah semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023. Hal ini sesuai rencana awal ketika Indonesia berstatus tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Venue terpilih yang ada di kota Solo adalah Stadion Manahan. Sementara untuk lapangan latihan ada Stadion Sriwedari, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Sriwaru, dan Lapangan Kottabarat.

Pilihan dari pemerintah akan dipertimbangkan FIFA sesuai hasil pengecekan yang dilakukan pada akhir bulan ini. Gibran Rakabuming memastikan bakal menyiapkan kekuatan penuh menuju Piala Dunia U-17 2023.

"Sejauh ini belum ada catatan (perbaikan), tapi jika FIFA akan melakukan inspeksi, kami akan dampingi. Beliau-beliau akan datang ke sini untuk evaluasi," kata Gibran, Minggu (23/7/23).

Gibran Rakabuming meyakini Stadion Manahan Solo dan beberapa lapangan pendamping sudah siap menuju Piala Dunia U-17 2023.

"Kalau ada kekurangan, nanti akan kita perbaiki. Kalau kemarin untuk (Piala Dunia) U-20 siap, U-17 lebih siap," tutur Gibran.

Salah satu yang dikhawatirkan banyak kalangan tentang penurunan kualitas lapangan adalah kegiatan di luar olahraga. Ya, pada Juli ini agenda di Manahan super padat.

Ada konser Tulus, JKT48 dan Putri Ariani pada 8 Juli 2023. Kemudian, pada 29 Juli nanti ada konser Dewa 19. Sementara pada Minggu (23/7/23) sore, Stadion Manahan digunakan untuk kegiatan partai politik yang menghadirkan puluhan ribu massa.

"Misal pasca konser, kegiatan (lain) ada kerusakan, nanti akan kita kejar untuk diperbaiki," jelas Gibran Rakabuming Raka.