Liga 1

Support System untuk Gianluca Pandeynuwu, Persis Solo Fokus Hajar Arema FC

Selasa, 25 Juli 2023 14:37 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Instagram@gianlucaclaudio31
Kiper Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu. (Foto: Instagram@gianlucaclaudio31) Copyright: © Instagram@gianlucaclaudio31
Kiper Persis Solo, Gianluca Pandeynuwu. (Foto: Instagram@gianlucaclaudio31)

INDOSPORT.COM - Gianluca Pandeynuwu punya support system di Persis Solo yang membuatnya siap bertarung pada lanjutan Liga 1 2023-2024. Kini, Laskar Sambernyawa fokus penuh menghajar Arema FC, Minggu (30/07/23).

Gianluca menjadi sasaran kritik suporter Persis Solo setelah kekalahan 3-4 dari Madura United. Gianluca Pandeynuwu melakukan dua kesalahan fatal yang menjadi awal dari gol Madura United.

Kesalahan pertama dilakukan saat gagal menangkap bola pelan di area gawang yang berbuah sepak pojok. Ternyata, sepak pojok itu menjadi gol lewat Junior Brandao.

Kesalahan kedua menjadi yang paling disorot. Buangan bola Gianluca setelah mendapat umpan Diego Bardanca jatuh ke kaki Malik Risaldi. Ia dengan cepat mengumpan ke Brandao dan lahirlah gol keempat untuk Madura United.

Gianluca dengan gentleman tak menutup kolom komentar instagramnya saat membuat postingan tentang laga melawan Madura United. Di tengah kritik suporter, ada support system dari Persis Solo yang menyemangati Gianluca.

"Dengan 'iman' kau bisa melewati apapun, jika percaya, semua hal dalam kuasa-NYA. Jangan pernah ragu dengan kemampuan diri sendiri. Semangat kiper kami, kau tetap top. Kau takkan pernah sendiri," tulis kapten tim Persis Solo, Rian Miziar, di kolom komentar Gianluca.

"Trash talker don't know anything, always together, bang. You'll never walk alone (pembicara sampah tidak tahu apapun, selalu bersama, bang, kamu tidak akan pernah sendiri," tulis kiper kedua Persis Solo, Pancar Nur Widiastono.

"Vamos amigo, come on, friend. Si si siiii si," tulis Alexis Messidoro.

Messidoro kemudian turut membuat unggahan sendiri. Sebagai sosok yang turut dikritik atas kekalahan di Pamekasan, Messidoro merespons kritikan sebagai tantangan.

"Kritik adalah bagian dari permainan! Kami akan bekerja keras untuk mendapatkan kemenangan," tulis Messidoro dalam postingan instagram terbarunya.

Fokus Arema FC

Kekalahan atas Madura United menjadi bagian dari pelajaran. Terdekat, Persis Solo akan menjamu Arema FC pada laga pekan kelima Liga 1 2023-2024.

Laga ini rencananya akan berlangsung di Stadion Sriwedari tanpa dihadiri penonton. Bek Persis Solo, Sutanto Tan, memastikan timnya dalam kondisi siap tempur.

Sutanto Tan mengatakan, tim dalam semangat tinggi karena pelatih Leonardo Medina memberi kepercayaan penuh pada para pemain. Kepercayaan itu disebut Sutanto Tan sebagai faktor penting.

"Saya bangga dengan kinerja tim, terutama pelatih yang memberikan kepercayaan kepada seluruh pemain, memberikan semua semangat, apa yang dia bisa untuk semua pemain, itu yang dibutuhkan untuk pemain," jelas Sutanto Tan.

Partai Arema FC jelas bukan laga mudah. Meski Arema FC baru saja menelan tiga kekalahan beruntun, Arema FC memiliki Gustavo Almeida yang jadi top skor sementara Liga 1 2023-2024.

"Kita tidak berhenti di sini, masih banyak pertandingan, kami bersama pelatih akan terus maju bersama Persis Solo," tutur Sutanto Tan.

Kekalahan 3-4 atas Madura United juga memiliki sisi positif. Saat tertinggal 0-4, Persis Solo mampu membalas tiga gol dalam waktu empat menit terakhir.

Kini, seluruh penyerang inti Persis Solo sudah mencetak gol. Fernando Rodriguez mencetak 4 gol, Ramadhan Sananta mengoleksi 2 gol dan Diego Gonzalez mencetak satu gol.

"Pelajaran dari kekalahan melawan Madura, kita harus bikin gol lebih dahulu supaya kita tidak kehabisan waktu, supaya bisa memenangkan pertandingan," ungkap Sutanto Tan.

Dalam laga melawan Arema FC, Persis Solo kemungkinan besar sudah diperkuat Jaimerson Xavier. Waktu istirahat dua pekan sudah cukup untuk membuat Jaime siap bertarung lagi.