In-depth

Kisah Luca Antonini yang Belasan Tahun di AC Milan Hanya untuk Kecewa

Rabu, 26 Juli 2023 20:00 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© instagram/officialanto_77
Mantan pemain AC Milan, Luca Antonini. Foto: instagram/officialanto_77. Copyright: © instagram/officialanto_77
Mantan pemain AC Milan, Luca Antonini. Foto: instagram/officialanto_77.

INDOSPORT.COM - Mengingat kisah Luca Antonini, yang pernah berada di klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, selama belasan tahun namun harus menelan pil pahit.

Luca Antonini pernah mencatatkan namanya di buku AC Milan sebagai pemain yang dua kali direkrut sang raksasa Liga Italia tersebut sepanjang sejarah.

Meski begitu, periode pertamanya bersama Rossoneri berakhir pahit karena gagal meraih kesuksesan - meski sudah mengabdi untuk waktu yang sangat lama.

Ia pertama bergabung dengan AC Milan saat usia delapan tahun pada 1990. Selama satu dekade lebih Luca Antonini berada di tim junior untuk mengasah pengalaman sebagai pemain muda.

Hanya saja, sepak terjangnya bersama AC Milan saat itu tidak pernah mencapai level tertinggi, seperti contohnya pada 2001.

Saat itu, alih-alih debut di tim utama AC Milan, Luca Antonini malah mencatatkan laga perdananya di klub Serie C2, Prato, sebagai pemain pinjaman.

Di kompetisi Serie C2 - A inilah, ia mencatatkan 26 penampilan dan 3 buah gol sebelum dipinjamkan lagi ke Ancona yang kala itu bermain di Serie B.

Bersama Ancona, ia mencatatkan 19 penampilan dan sempat mencetak 1 gol meski berposisi sebagai bek.

Pada 2003, Luca Antonini hengkang ke Sampdoria dengan kesepakatan co-owner dengan AC Milan, yang dikabarkan bernilai sekitar 2 juta euro.

Berada di Sampdoria, ternyata tidak membuka keran kesuksesan bagi Luca Antonini yang kemudian menjelma sebagai pemain spesialis pinjaman.

Jika melihat catatan di atas, tentu akan ada pertanyaan yang muncul di benak, apakah ini artinya Luca Antonini tidak pernah benar-benar bermain untuk AC Milan?

Ya, ia menghabiskan setidaknya 13 tahun di AC Milan tanpa mencatatkan satu penampilan pun untuk tim senior.

Meski begitu, sosok yang kini berusia 40 tahun tersebut masih bisa tersenyum, lantaran saat periode keduanya di AC Milan, ia akhirnya mendapat kesempatan bermain.

Luca Antonini kembali ke AC Milan pada 2008, setelah melalui masa-masa sulit di Sampdoria dan juga Empoli.