In-depth

Bedah Formasi Liverpool dengan Tambahan Pemain Bernilai Rp2 Triliun

Jumat, 28 Juli 2023 18:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Satish Kumar
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, bisa miliki skuad jempolan dengan tambahan pemain senilai kurang lebih Rp2 triliun. Foto: REUTERS/Satish Kumar. Copyright: © REUTERS/Satish Kumar
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, bisa miliki skuad jempolan dengan tambahan pemain senilai kurang lebih Rp2 triliun. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, bisa miliki skuad jempolan dengan tambahan pemain senilai kurang lebih Rp2 triliun.

Akan tetapi, yang patut dicatat, angka tersebut tidak berasal dari belanja pemain yang jor-joran seperti sejumlah rival mereka di liga.

Seperti diketahui, Liverpool dan Fenway Sports Group (FSG) dikenal sangat jarang belanja pemain besar-besaran di bursa transfer.

Saat ini saja, pemain termahal mereka saja hanya berlabel kurang lebih 85 juta pounds atau sekitar Rp1,64 triliun.

Meski begitu, jelang memasuki musim baru 2023/2024, Jurgen Klopp akan memiliki skuad yang berisi sejumlah pemain bernilai setidaknya 100 juta pounds (Rp1,94 triliun).

Jumlah itu pun nantinya berasal dari sektor gelandang, termasuk Alexis Mac Allister (35 juta pounds, namun bisa meningkat ke angka 55 juta).

Selain itu, ada juga Dominik Szoboszlai yang bernilai 54 juta poundsterling. Dari dua pemain ini saja, nilai rekrutan baru The Reds sudah terbilang cukup tinggi.

Belum lagi, jika klub memutuskan mendatangkan pemain lagi di bursa transfer, nilai para rekrutan baru ini akan terus bertambah.

Alexis Mac Allister sendiri merupakan pemain serbabisa yang mampu melakoni berbagai peran di sektor gelandang.

Ia bisa bermain sebagai deep lying playmaker, gelandang box-to-box, bahkan tampil lebih kreatif sebagai si nomor 10.

Tidak ayal, ia pun menjadi tambahan kekuatan yang sangat signifikan nantinya bagi skuad Jurgen Klopp.

Sementara itu, Dominik Szoboszlai juga tidak kalah hebat. Ia pun bisa menjadi opsi pemain kreatif dan turut berpartisipasi di strategi-strategi serangan Liverpool.

Jika keduanya dipakai sebagai pemain nomor 8, itu artinya Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai akan berkompetisi dengan Curtis Jones dan Harvey Elliott.

Lalu untuk opsi gelandang bertahan, ada Romeo Lavia yang bisa menambah nilai rekrutan Liverpool di bursa transfer kali ini ke angka yang lebih tinggi lagi.

Tidak tanggung-tanggung, Southampton kabarnya mematok 50 juta poundsterling untuk melepas salah satu pemain mudanya tersebut.

Dengan demikian, nilai rekrutan-rekrutan baru Liverpool nantinya bisa berkisar di angka 100 jutaan pounds lebih, atau sekitar Rp2 triliun.