In-depth

Ada Apa di Balik Dugaan Suap yang Buat Barcelona Nyaris Terhempas dari Liga Champions?

Jumat, 28 Juli 2023 15:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Albert Gea
Barcelona baru saja lolos dari lubang jarum setelah mendapat izin tetap main di Liga Champions (Champions League) 2023/2024. Foto: REUTERS/Albert Gea. Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Barcelona baru saja lolos dari lubang jarum setelah mendapat izin tetap main di Liga Champions (Champions League) 2023/2024. Foto: REUTERS/Albert Gea.

INDOSPORT.COM - Barcelona baru saja lolos dari lubang jarum setelah mendapat izin tetap main di Liga Champions (Champions League) 2023/2024.

Untuk diketahui, raksasa sepak bola Spanyol tersebut memang sempat terseret kasus dugaan suap yang disebut dengan istilah Caso Negreira

Namun Barcelona bisa bernapas lega karena partisipasi mereka di kompetisi elite Eropa itu tidak dicabut - setidaknya untuk saat ini.

Lantas, hal-hal apa saja yang perlu diketahui tentang Caso Negreira dan dampaknya bagi klub juara Liga Spanyol 2022/2023 tersebut?

Tentang Caso Negreira

Caso Negreira merupakan sebutan untuk kasus dugaan suap yang mendera Barcelona dan mantan wakil presiden Komite Wasit Spanyol.

Barcelona diperiksa terkait aliran dana yang diduga diterima Wakil Presiden Komite Wasit Spanyol periode 1994 s.d. 2018, yakni Jose Maria Enriquez Negreira.

Tindakan itu dilakukan untuk mendapat informasi dan analisis pertandingan, yang kemudian menjadi bahan investigasi pihak yang berwajib.

Keluhan terhadap Barcelona sendiri pertama kali dilayangkan seorang wasit bernama Xavier Estrada Fernandez.

Dalam kasus ini, Jose Maria Enriquez Negreira disebut-sebut menerima 7 juta euro dari akun bank milik Barcelona.

Sikap UEFA dan Barcelona

Menyusul kejadian ini, inevstigasi pun digelar untuk mengetahui apakah uang dari Barcelona tersebut digunakan untuk memengaruhi hasil laga.

Kasus ini, tentu saja mendapat perhatian khusus dari UEFA yang notabene induk sepak bola Eropa dan badan penyelenggara Liga Champions.

Sebagai otoritas terkait, UEFA pun sudah mengambil sikap, bahwa mereka akan memeriksa klaim tentang dugaan suap yang menyeret nama Barcelona tersebut.

Barcelona pun kabarnya sudah membantah seluruh tuduhan dan dugaan yang dialamatkan kepada mereka.

Meski begitu, Barcelona tidak bisa kabur dari konsekuensi terburuknya, yakni dicoret dari daftar kontestan Liga Champions 2023/2024.