Bola Internasional

8 Pemain Terlupakan yang Pernah Juara Liga Champions

Jumat, 28 Juli 2023 05:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Andrew Boyers
Gelar Liga Champions bisa disebut sebagai salah satu puncak karir pesepakbola. Itu karena ajang ini adalah pertempuran antar tim dan pemain terbaik dari seluruh Eropa. Copyright: © Reuters/Andrew Boyers
Gelar Liga Champions bisa disebut sebagai salah satu puncak karir pesepakbola. Itu karena ajang ini adalah pertempuran antar tim dan pemain terbaik dari seluruh Eropa.

INDOSPORT.COM - Gelar Liga Champions bisa disebut sebagai salah satu puncak karir pesepakbola. Itu karena ajang ini adalah pertempuran antar tim dan pemain terbaik dari seluruh Eropa.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah pemain yang sering mengangkat trofi Liga Champions, bersama nama-nama terkenal lainnya.

Namun, ada juga sebagian pemain yang kurang terkenal dan terlupakan, tapi punya gelar prestisius tersebut. Ada yang bahkan tampil di partai final. 

Siapa saja pemain tersebut? Berikut INDOSPORT membahasnya seperti dilansir dari Givemesport.

Jonathan Greening-Manchester United

Saat Manchester United meraih  treble winner pada tahun 1998/99, pemain yang dikenang adalah nama tenar seperti David Beckham, Ryan Giggs, Peter Schmeichel dan lainnya.

Namun, ada satu nama yang sering luput dari perhatian yakni Jonathan Greening. 

Meski tidak bermain semenit pun di final Liga Champions melawan Bayern Munchen, dia adalah pemain pengganti yang ada dibangku cadangan. Karenanya Greening berkah menerima medali.

Setelah cabut dari Setan Merah pada 2001, dia memiliki karir yang bagus bersama Middlesbrough, Nottingham Forest dan West Bromwich Albion.

Tak dipungkiri, banyak penggemar MU yyang lupa jika Greening ikut mengangkat Piala Liga Champions 1998/99, Liga Inggris 1999, 2000 dan 2001. Lalu ada juga juara FA Cup pada 1999.

Djimi Traore - Liverpool

Ketika Liverpool memenangkan Liga Champions di Istanbul melawan AC Milan pada 2005, Djimi Traore adalah salah satu aktornya.

Meski sering diejek karena penampilan yang inkonsisten di Liga Inggris, Traore justru secara tidak terduga dipercaya bermain 120 menit oleh Rafael Benitez.  

Traore tampil sebagai bek kiri dan membantu Liverpool meraih kemenangan. Setelahnya, dia dijual oleh Liverpool pada 2006 ke klub Inggris lainnya, Charlton Athletic. 

Roque Junior - AC Milan

Bek tengah Brasil ini adalah pemenang Liga Champions bersama AC Milan pada musim 2002/03. Dia membantu Rossoneri menjaga clean sheet di final melawan Juventus.

Pemain asal Brasil itu masuk menggantikan Alessandro Costacurta pada menit ke-62. Roque Junior berperan sebagai bek kanan.

Meski kalah pamor dibanding bek AC Milan lainnya, Roque Junior nyatanya juga memenangkan Piala Dunia 2022 bersama Brasil.