Liga Inggris

Dosa-dosa Qatar di Piala Dunia 2022 Bisa Gagalkan Usaha Sheikh Jassim Beli Man United

Sabtu, 29 Juli 2023 13:45 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Indra Citra Sena
© REUTERS/Hannah Mckay
Dosa-dosa Qatar di Piala Dunia 2022 bisa gagalkan usaha Sheikh Jassim beli saham mayoritas raksasa Liga Inggris, Manchester United. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay) Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay
Dosa-dosa Qatar di Piala Dunia 2022 bisa gagalkan usaha Sheikh Jassim beli saham mayoritas raksasa Liga Inggris, Manchester United. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

INDOSPORT.COM - Dosa-dosa Qatar di Piala Dunia 2022 bisa gagalkan usaha Sheikh Jassim beli saham mayoritas raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Hingga kini, Sheikh Jassim menjadi salah satu kandidat kuat yang bakal mengambil alih saham mayoritas Manchester United dari keluarga Glazer.

Meskipun sejatinya keluarga Glazer kini sengaja mengundur penjualan saham mayoritas Manchester United kepada Sheikh Jassim.

Di sisi lain, Andy Burnham selaku walikota Manchester United justru mengaku khawatir dengan pengambilalihan Sheikh Jassim, yang berasal dari Qatar.

Dilansir dari Daily Mail, Andy Burnham mengungkit segala dosa-dosa Qatar dalam gelaran Piala Dunia 2022 lalu.

Diketahui, Qatar dikecam atas catatan Hak Asasi Manusia (HAM) karena melanggar soal hak-hak pekerja, dan mempekerjakan wanita.

Andy Burnham lantas menganggap keadaan itu akan menimbulkan rasa tidak nyaman di Manchester United, jika Sheikh Jassim mengambil alihnya dari keluarga Glazer.

Terlebih, Burnham mengungkapkan bahwa pemerintah Inggris turut serta dalam mengecam pelanggaran HAM yang dilakukan Qatar. Otomatis, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) juga senada.

"Isu pelanggaran HAM di Qatar adalah masalah serius bagi pemerintah Inggris. Isu-isu Hak Asasi Manusia harus diangkat di seluruh dunia," ujar walikota Manchester United itu.

Kendati demikian, The 1958 Group apabila pengambilalihan saham mayoritas yang dilakukan oleh Sheikh Jassim dari keluarga Glazer tinggal menunggu waktu saja.