Liga Italia

Inter Milan Langsung Jadi Raksasa Eropa Usai Oaktree Borong Saham Nerazzurri

Sabtu, 29 Juli 2023 16:56 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
© Football Italia
Inter Milan berpotensi menjadi raksasa sepak bola Eropa kalau Oaktree sukses menggusur Suning Holdings Group sebagai pemegang saham terbesar Nerazzurri. Copyright: © Football Italia
Inter Milan berpotensi menjadi raksasa sepak bola Eropa kalau Oaktree sukses menggusur Suning Holdings Group sebagai pemegang saham terbesar Nerazzurri.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), Inter Milan, berpotensi menjadi raksasa sepak bola Eropa kalau Oaktree sukses menggusur Suning Holdings Group sebagai pemegang saham terbesar Nerazzurri.

Inter Milan selama ini dikuasai oleh Suning Holdings Group, sebuah perusahaan swasta dari China yang sudah memegang saham klub tersebut sebesar 69,55 persen sejak 2016.

Namun ternyata, ada problematika yang sejauh ini baru diketahui sekarang, yakni bahwa mereka punya utang sebesar 329 juta euro atau Rp5,4 triliun ke Oaktree.

Oaktree adalah perusahaan aset manajemen global yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat. Oaktree punya sejarah dengan Suning saat pandemi Covid-19.

Pada Mei 2021 saat Covid-19 tengah merebak di seluruh dunia, finansial Inter Milan mengalami kemerosotan drastis seperti hampir seluruh klub sepak bola di dunia ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak Suning lantas meminjam dana dari Oaktree sebesar 275 juta euro. Keduanya juga sudah menyepakati bunga 12 persen. Masa pelunasannya sendiri sampai 2024.

Di sinilah letak permasalahannya. Suning Holdings Group diyakini akan sangat sulit untuk membayar lunas utang mereka itu dengan bunganya yang sebesar 12 persen.

Hingga Juli 2023 ini, utang Suning sudah mencapai angka 329 juta euro. Padahal, mereka masih memiliki sisa satu tahun lagi untuk melunasinya.

Melansir Tribal Football, kalau Suning tidak mampu membayar 329 juta euro kepada Oaktree sampai batas waktunya, yakni Mei 2024, Oaktree akan mengambilalih Inter Milan.

Kalau Oaktree sukses mengakuisisi Nerazzurri, bukan tidak mungkin raksasa Serie A Italia itu bisa mendapat siraman dana besar untuk membangun Super Team.