Bola Internasional

Juventus Dibanned UEFA dari Conference League, Fiorentina Berpeluang Gantikan

Sabtu, 29 Juli 2023 09:35 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Juni Adi
© REUTERS/Massimo Pinca
Selebrasi striker Juventus, Arkadiusz Milik saat laga antara Juventus melawan Cremonese di Seria A Italia. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca) Copyright: © REUTERS/Massimo Pinca
Selebrasi striker Juventus, Arkadiusz Milik saat laga antara Juventus melawan Cremonese di Seria A Italia. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

INDOSPORT.COM - UEFA resmi melarang Juventus berkompetisi di ajang UEFA Conference League musim depan akibat melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Nasib apes dialami klub raksasa Italia, Juventus. Hari ini, mereka resmi dicoret dari ajang Conference League musim 2023/2024.

Kepastian ini didapat menyusul keputusan UEFA  yang dirilis Sabtu (29/07/23) dini hari WIB. Tak hanya dicoret, Juventus juga diwajibkan membayar denda sebesar 20 juta euro.

"Juventus melanggar kerangka peraturan UEFA... dan diputuskan untuk dikeluarkan dari kompetisi klub pria UEFA pada musim 2023/2024," demikian bunyi pernyataan resmi UEFA.

Ini merupakan pertama kalinya sejak 2011/2012 Juventus tak bertanding di kompetisi Eropa dan hanya akan mengikuti kompetisi nasional, yakni Serie A dan Copa Italia.

Sebelumnya, Juventus juga telah mendapat hukuman pengurangan 10 poin di akhir kompetisi Serie A, yang membuat mereka terjun bebas ke posisi ke-7 klasemen akhir.

Dengan situasi ini, Juventus sejatinya masih lolos kualifikasi untuk Conference League. Namun, dengan keputusan UEFA yang terbaru, Juventus dipastikan tak akan bertanding di level Eropa pada musim depan.

Meski belum ada pengumuman resmi, posisi Juventus kemungkinan besar akan digantikan oleh Fiorentina, yang finis di posisi ke-8 pada Serie A musim lalu.

Fiorentina sendiri musim lalu berhasil melaju ke final Conference League sebelum dikalahkan West Ham United.

Juventus sendiri telah membuat pernyataan resmi di laman klub, yang intinya mereka tidak akan mengajukan banding.