Liga Indonesia

Berstatus Tanpa Klub, Eks Persija Asri Akbar Jajal Tarkam Langsung Dibayar Tunai

Senin, 31 Juli 2023 19:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Twitter.com/borneofc
Asri Akbar (kiri) mencoba menguasai bola saat dibayang-bayangi Manucekhr Jalilov, Minggu (23/06/2019). Copyright: © Twitter.com/borneofc
Asri Akbar (kiri) mencoba menguasai bola saat dibayang-bayangi Manucekhr Jalilov, Minggu (23/06/2019).

INDOSPORT.COM - Mantan gelandang Persija Jakarta, Asri Akbar diketahui beraksi di kompetisi sepak bola amatir atau tarkam. Banyak videonya beredar di media sosial, baik Instagram maupun You Tube.

Dalam salah satu video di Instagram @wasitmafia, terlihat Asri Akbar menerima bayaran secara tunai oleh salah satu orang yang disinyalir merupakan pemilik klub amatir tersebut. 

Selain itu, video lainnya di You Tube juga menunjukan aksi pemain 39 tahun itu membobol gawang lawan lewat titik penalti. Dia pun mendapat sambutan meriah usai sukses taklukan kiper lawan. 

Awak redaksi berita olahraga INDOSPORT sudah mencoba menghubungi Asri Akbar untuk menanyakan kabar terkini, tetapi belum ada jawaban. 

Terakhir kali, Asri Akbar terlihat beraksi untuk Sao Merah FC saat melawan PSP Pasirandu dalam laga semifinal turnamen Kades Cup 1 Desa Legok, di Lapangan Bonex Arena Tangerang, Banten pada awal Maret 2023. 

Ketika itu dia bermain bersama eks pemain timnas Indonesia, Cristian Gonzales. Lalu ada juga pemain naturalisasi, Herman Dzumafo, eks Persija Amarzukih, Titus Bonai dan masih banyak pemain profesional lainnya. 

Musim lalu, ayah dari dua anak itu menjadi bagian dari klub Liga 2, Persekat Tegal. Namun, kompetisi kasta kedua tersebut dibatalkan PSSI buntut dari Tragedi Kanjuruhan.

Asri Akbar hanya tampil tujuh pertandingan bersama Persekat. Dia bermain melawan Gresik United (0-0), Persijap Jepara (0-1), Persela Lamongan (2-2), Nusantara United (1-0), PSIM Yogyakarta (1-3), PSCS (0-0) dan Bekasi City (0-1).

Dampak dihentikkannya Liga 2 2022/23 membuat para pemain memutar otak demi dapur tetap mengebul. Salah satu solusinya adalah ikut kompetiso tarkam. 

Sementara itu, jelang musim baru Asri Akbar belum diketahui membela klub mana. Dia tak direkrut klub Liga 1 yang sudah berjalan lima pekan.

Untuk Liga 2 2023, Asri Akbar masih tercatat sebagai pemain Persekat berdasarkan informasi Transfermarkt

Hanya saja, dalam beberapa uji coba yang dilakoni Persekat, tak ada foto ataupun namanya masuk line up. 

Begitu pula dengan pengumuman klub terkait pemain yang diperpanjang kontrak. Tidak terlihat nama Asri Akbar dari delapan nama yang dipertahankan dari musim lalu.

Persekat hanya memperpanjang kontrak Agung Supriyanto, M. Ridwan, Abdi Malik Akbar, Yoga Pratama, Riski Fajar, M. Firman, Adhe Owen dan Akhmad Prasetyo.

Ketika dikonfirmasi INDOSPORT, pihak Persekat menyampaikan jika Asri Akbar saat ini sudah tak lagi jadi bagian klub. Dia tak masuk pemain yang dipertahankan.

Sebagai informasi, Asri Akbar adalah bagian dari Persija saat juara Liga 1 2018 dan Piala Presiden 2018. Setelahnya, dia pindah ke Borneo FC, Persita Tangerang, Persijap Jepara, Rans Nusantara FC, dan terakhir Persekat. 

Selain itu, dia pernah perkuat Mitra Kukar, Persib Bandung, Sriwijaya FC, Persiba Balikpapan, PSM Makassar, PSMS Medan hingga Semen Padang.