Liga 1

Supremasi Madura United Hadirkan Mimpi Buruk untuk Barito Putera Era Liga 1

Senin, 31 Juli 2023 12:37 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Madura United
Selebrasi pemain Madura United, Francisco Rivera usai mencetak gol ke gawang Persis pada pekan keempat Liga 1 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Minggu (23/07/23). (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Selebrasi pemain Madura United, Francisco Rivera usai mencetak gol ke gawang Persis pada pekan keempat Liga 1 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Minggu (23/07/23). (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Madura United mewujudkan target mengambil poin dalam laga away pekan ke-5 Liga 1 Indonesia 2023/24 di markas Barito Putera, Minggu (30/7/23).

Tak tanggung-tanggung, tim berjulukan Laskar Sape Kerrab membawa pulang poin sempurna ke Pulau Garam seiring kemenangan 2-1 di Stadion Demang Lehman Martapura.

Kemenangan ini jelas sangat memuaskan. Terlebih, posisi Madura United juga langsung melejit ke urutan ke-2 klasemen Liga 1 dengan 10 poin.

Turun dengan komposisi terbaik seiring kembalinya Fachrudin Aryanto, jelas membuat Madura United langsung tancap gas begitu peluit kick-off berbunyi.

Lulinha dkk melancarkan permainan ofensif nyaris sepanjang laga. Skema permainan terbuka ini pun diladeni Barito Putera yang juga menargetkan menang di laga home.

Namun, Madura United mampu memaksimalkan sejumlah momentum. Pertama adalah skema tendangan bebas pada menit ke-49.

Sepakan Francisco Rivera gagal diantisipasi Frendi Saputra hingga jadi gol bunuh diri. Berikutnya, Junior Brandao beraksi melalui gol ciamik menit ke-83.

Sementara Barito Putera yang kerap buntu dalam setiap serangan, baru bisa membalas pada akhir laga. Renan Alves Silva menipiskan skor pada menit ke-88.

"Lapangan yang kurang bagus membuat kami harus keluar dari zona aman. Kami mencoba bermain dengan bola bawah, tapi lawan bola-bola panjang. Permainan kedua tim sangat baik di lapangan," jelas pelatih Madura United, Mauricio Souza.

Lanjutkan Superioritas

Bersamaan dengan itu, Madura United kembali melanjutkan superioritas tak pernah kalah dari Barito Putera selama beberapa musim terakhir.

Secara total, Madura United telah bertemu 13 dalam pertandingan sejak kompetisi Liga 1. Sebanyak delapan kemenangan dicatat MU serta lima kali imbang.

Mauricio Souza yang sebelumnya tak percaya statistik, mau tak mau harus meninjau paparan data dan fakta yang terbilang luar biasa itu.

"Kami menampilkan permainan bagus. Tiga poin ini sangat luar biasa," imbuh eks pelatih yang pernah menangani Vasco Da Gama di Liga Brasil tersebut.

Dia pun memberi apresiasi terhadap permainan kedua tim yang sangat menghibur. Sajian permainan agresif membuat para penonton tak sia-sia datang ke stadion.

"Pertandingan yang menarik. Kemenangan yang luar biasa bagi kami, meski harus diakui Barito Putera termasuk tim tangguh," tukas Mauricio Souza.

Situasi ini membuat Madura United bakal termotivasi untuk mengejar kemenangan saat kembali bermain kandang. Apalagi, mereka punya kans memuncaki klasemen.

Kesempatan itu terbuka seiring kedatangan PSIS Semarang pada pekan ke-6 Liga 1. Kedua tim bertemu di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu (5/8/23).