Liga 1

Pernah Duel, Begini Respons Rio Fahmi Soal Persaingan dengan Oliver Bias

Rabu, 2 Agustus 2023 19:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek kanan Persija Jakarta, Rio Fahmi menegaskan siap bersaing dengan pemain asing, Oliver Bias memperebutkan posisi di starting XI sepanjang Liga 1 2023/2024. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bek kanan Persija Jakarta, Rio Fahmi menegaskan siap bersaing dengan pemain asing, Oliver Bias memperebutkan posisi di starting XI sepanjang Liga 1 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Bek kanan Persija Jakarta, Rio Fahmi menegaskan siap bersaing dengan pemain asing, Oliver Bias memperebutkan posisi di starting XI sepanjang Liga 1 2023/2024.

Seperti diketahui, Oliver Bias didatangkan untuk mengisi kuota pemain Asean. Dia sudah bergabung dalam latihan tim sejak pekan lalu dan tinggal menunggu waktu debut.

Kedatangan pemain Timnas Filipina itu, tentu menciptakan persaingan dengan pemain lokal, salah satunya, Rio Fahmi. Keduanya sama-sama bisa beraksi di bek sayap hingga gelandang sayap kanan. 

Namun, Rio menganggap kedatangan Oliver Bias bukan sebagai saingan. Keduanya bisa saling bertukar ilmu, apalagi Oliver pernah menimba ilmu di Eropa, tepatnya di RB Leipzig.

“Saya menganggap Bias bukan sebagai saingan. Saya tahu dia pernah main di RB Leipzig, jadi kedatangan dia ke tim ini bisa memberikan banyak pelajaran buat saya. Mungkin Bias pun bisa belajar juga sedikit dari saya,” ucap Rio.

Pemain 21 tahun itu langsung menyapa Oliver Bias di ruang loker Persija saat pertama kali bertemu. Keduanya pernah berhadapan di SEA Games 2021.

“Sejauh ini saya sudah dua kali melawan bias salah satunya di SEA Games Vietnam. Saat pertama kali dia latihan saya menyapa dia dan langsung bertanya ‘ingat tidak pertemuan terakhir di Timnas?’ dia langsung bilang ‘ingat’,” ujar Rio.

Pemain yang meraih gelar Pemain Muda Terbaik Liga 1 2022/2023 itu siap membantu Oliver Bias agar nyaman di Jakarta. Dengan demikian keduanya bisa  membawa Persija meraih prestasi.

“Mungkin saya bisa membantu Bias untuk adaptasi tentang budaya dan kultur sepak bola Indonesia. Saya harap kami berdua bisa bekerja sama dengan baik, bahu-membahu untuk kebaikan Persija,” jelas Rio.

Sebelum ke Persija, Oliver Bias menghabiskan lima tahun bersama tim akademi RB Leipzig. Dia adalah pemain versatile dan bisa bermain sebagai bek sayap kanan, bek sayap kiri, sayap kanan dan sayap kiri.

Oliver Bias mengaku sudah tahu sepak bola Indonesia sangat besar dan 'gila'.  Karenanya, dia senang bisa bergabung di Persija dan bertekad memberikan penampilan terbaik.

"Saya sangat senang berada di sini. Saya sudah tak sabar bekerja sama dengan pelatih dan pemain. Saya sangat menantikan keriuhan luar biasa dari fans Persija Jakarta," ungkap Oliver Bias saat pertama kali diperkenalkan.

Lebih lanjut, Oliver Bias menyatakan tidak kecewa meski belum debut saat laga Liga 1 2023-2024 pekan kelima antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya, pekan lalu.

Kesempatan untuk debut bagi Oliver Bias pun terbuka saat pekan keenam Liga 1 2023. Persija akan bertandang ke markas PSS Sleman pada 4 Agustus mendatang.