In-depth

Siapa Fermin Lopez? Jebolan La Masia yang Buat Xavi dan Barcelona Terpesona

Rabu, 2 Agustus 2023 06:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Kevin Jairaj-USA TODAY Sports
Laga El Clasico antara dua klub raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona vs Real Madrid, Minggu (30/07/23) menghadirkan bintang baru pada sosok Fermin Lopez. Copyright: © Reuters/Kevin Jairaj-USA TODAY Sports
Laga El Clasico antara dua klub raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona vs Real Madrid, Minggu (30/07/23) menghadirkan bintang baru pada sosok Fermin Lopez.

INDOSPORT.COM – Laga El Clasico antara dua klub raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona vs Real Madrid, Minggu (30/07/23) menghadirkan bintang baru pada sosok Fermin Lopez.

Pemain yang baru berusia 20 tahun itu mampu mencuri perhatian di duel klasik antara Barcelona vs Real Madrid berkat satu golnya.

Fermin Lopez mampu mencetak gol spektakuler yang membuat tim berjuluk Los Cules itu menang 3-0 atas rival abadinya tersebut.

Barcelona sendiri mampu membuka pesta golnya kala Ousmane Dembele mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-15.

Keunggulan klub asal Catalunya tersebut atas rivalnya bertahan setidaknya hingga laga memasuki 10 menit terakhir waktu normal.

Lalu di menit ke-85 sebuah keajaiban terjadi kala Fermin Lopez yang baru masuk di menit ke-66, mampu menggandakan keunggulan Barcelona atas Real Madrid lewat sepakan spektakulernya.

Berkat satu golnya, Fermin Lopez menjadi buah bibir banyak orang. Apalagi jika menilik kariernya yang sempat mengalami pasang surut di usia yang terbilang muda.

Fermin Lopez lahir di Huelva, Spanyol pada 11 Mei 2003. Ia tercatat telah bergabung akademi Barcelona, La Masia, pada 2016 selepas menimba ilmu di Real Betis.

Usai naik kelas ke tim Barcelona B, Fermin Lopez mendapat tamparan keras, di mana ia dianggap salah satu pemain paling lemah di antara pemain lainnya, seperti yang dikutip dari The Athletic.

Karena fisiknya yang lemah itu, tim kepelatihan Barcelona B tak banyak memberinya menit bermain, yang berujung pada dilemparnya Fermin Lopez ke tim kasta ketiga Spanyol, Linares pada 2022 lalu.

Siapa sangka, peminjaman ini membuat Fermin Lopez mampu mempesona Xavi Hernandez dan tim kepelatihan Barcelona, sehingga memasukkannya ke tim utama.