In-depth

Xabi Alonso Punya Peluang Gantikan Jurgen Klopp di Liverpool pada 2026

Sabtu, 5 Agustus 2023 12:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Thilo Schmuelgen
Xabi Alonso punya peluang gantikan Jurgen Klopp di Liverpool pada 2026. Foto: Reuters/Thilo Schmuelgen. Copyright: © Reuters/Thilo Schmuelgen
Xabi Alonso punya peluang gantikan Jurgen Klopp di Liverpool pada 2026. Foto: Reuters/Thilo Schmuelgen.

INDOSPORT.COM - Xabi Alonso menjadi salah satu calon pengganti Jurgen Klopp di Liverpool, yang bisa direkrut pada 2026 mendatang.

Ya, mantan gelandang The Reds itu punya kontrak yang akan kedaluwarsa di Bayer Leverkusen pada tahun yang sama dengan Jurgen Klopp di Liverpool.

Jurgen Klopp sendiri memang disebut-sebut bakal angkat kaki dari Liverpool hanya saat masa baktinya berakhir.

Ia nampaknya tidak akan bernasib seperti manajer-manajer Liga Inggris lainnya yang terpaksa lengser karena dipecat.

Meski 2026 masih cukup lama, bursa calon pengganti Jurgen Klopp nyatanya sudah bergejolak hingga beberapa kali dengan sederet calon potensial.

Bahkan, Steven Gerrard sempat berada di daftar tersebut sejak lama, hingga kini ia mendarat di klub Saudi Pro League, Al Ettifaq.

Namun jika harus menyebut nama lain, Xabi Alonso merupakan salah satu calon yang bisa Liverpool pertimbangkan.

Selama kariernya sebagai pemain di klub Liga Inggris ini, ia telah mencatatkan 210 penampilan untuk The Reds di seluruh kompetisi.

CV-nya sebagai pelatih pun tidak terlalu buruk. Ia pernah menangani tim muda Real Madrid dan Real Sociedad B sebelum merapat ke Bayer Leverkusen pada 2022.

Saat menanangi klub Bundesliga Jerman tersebut, Xabi Alonso juga menorehkan catatan apik dengan membawa Bayer Leverkusen ke semifinal Liga Europa 2022/2023. 

Sayangnya, di semifinal ia gagal membawa Bayer Leverkusen unggul atas AS Roma karena kalah skor agregat 1-2.

Meski begitu, mantan juara Euro dan Piala Dunia tersebut berhasil mengantar Bayer Leverkusen finis di peringkat 6 klasemen akhir Bundesliga Jerman 2022/2023.

Hasil ini membuat mereka lolos ke kompetisi Liga Europa 2023/2024 dan menambah catatan positif Xabi Alonso sebagai calon pengganti Jurgen Klopp di Liverpool.