Liga Italia

Oaktree Berpeluang Akuisisi Inter Milan Efek Suning Kerepotan Bayar Utang

Minggu, 6 Agustus 2023 12:15 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Mattia Pistoia#870251#51B ED/Getty Images
Oaktree Capital berpeluang mengakuisisi klub Liga Italia, Inter Milan. Foto: Mattia Pistoia#870251#51B ED/Getty Images. Copyright: © Mattia Pistoia#870251#51B ED/Getty Images
Oaktree Capital berpeluang mengakuisisi klub Liga Italia, Inter Milan. Foto: Mattia Pistoia#870251#51B ED/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Oaktree Capital berpeluang besar mengakuisisi klub Liga Italia (Serie A), Inter Milan, setelah Suning Holdings Group mengambil keputusan untuk menunda pembayaran utang mereka.

Melansir dari FC Inter 1908, Steven Zhang selaku presiden Inter Milan sekaligus petinggi Suning Holdings Group memutuskan untuk menunda pembayaran utang ke Oaktree Capital.

Hal ini lantaran pihak Suning yang merupakan pemilik saham terbesar Nerazzurri, masih ingin melihat pergerakan pasar, khususnya dalam hal suku bunga.

Kalau situasi sudah mendukung, korporasi yang berbasis di China itu akan melanjutkan upaya mereka untuk melunasi utang ke Oaktree dari Amerika Serikat.

Hanya saja, hal ini menimbulkan ketidakpastian di intern Oaktree. Sebab, mereka telah mematok batas waktu sampai Mei 2024 kepada Suning.

Plus, saat ini suku bunga yang telah ditetapkan adalah sebesar 12 persen. Artinya, Suning harus membayar tunai lebih dari 329 juta euro pada Mei 2024.

Kalau Steven Zhang dan kawan-kawan tidak mampu melunasinya sampai batas waktu tersebut, Oaktree bisa mengambilalih kepemilikan Inter Milan.

Hal itulah yang membuat pihak Suning menghentikan upaya mereka dan menunggu sampai suku bunga kembali menukik di pasar.

Hanya saja, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Zhang dan Suning harus siap dengan perubahan suku bunga yang berpotensi naik sampai 16 persen dalam waktu dekat.

Oleh karena itu, Suning dalam posisi yang sulit dan melakukan perjudian untuk menunggu turunnya suku bunga hingga di bawah 12 persen demi melanjutkan langkah mereka melunasi utang ke Oaktree.