Timnas Indonesia

Misteri Hilangnya 26 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023

Senin, 7 Agustus 2023 19:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© CdM Indonesia SG 2023
Laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam pada partai semifinal SEA Games 2023. (Foto: CdM Indonesia SG 2023) Copyright: © CdM Indonesia SG 2023
Laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam pada partai semifinal SEA Games 2023. (Foto: CdM Indonesia SG 2023)

INDOSPORT.COM - PSSI sejatinya telah merilis pemanggilan 26 pemain untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 ke Piala AFF U-23 2023 pada 17-26 Agustus mendatang di Thailand. Tapi, tiba-tiba pengumuman itu dihapus.

Awalnya, 26 pemain Timnas Indonesia U-23 itu dirilis di media sosial atau Instagram resmi PSSI pada Senin (07/08/23) siang. Selang beberapa waktu, federasi pun menghapus postingan tersebut.

Dari bocoran PSSI, ada tiga kiper yang dipanggil dari tiga klub berbeda yakni Borneo FC, Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang.

Menariknya, ada dua pemain naturalisasi yang juga turut dipanggil pelatih Shin Tae-yong yaitu Ivar Jenner dan Rafael Struick. Ada juga pemain debutan yakni Esal Sahrul dari Persita Tangerang.

Pihak Persita telah mengonfirmasi jika gelandang 21 tahun itu sudah dipanggil ke TC Timnas U-23.

"Iya, Esal dipanggil sudah ada infonya. Tapi itu belum final, kemungkinan masih seleksi karena hanya 23 sepertinya yang dibawa ke AFF," jelas media officer Persija, Robert Patrick.

Persija Jakarta jadi klub yang paling banyak menyumbang pemain yakni lima pemain, disusul Borneo FC dengan empat pemain, lalu Persis Solo tiga pemain.

Selain itu, ada Persib Bandung, Persebaya, PSIS, Persita, Bali United, Bhayangkara FC, Madura United hingga RANS Nusantara FC yang menyumbang pemain. Namun, nama-nama yang telah dirilis harus dibatalkan karena informasinya ada perubahan.

Sumber INDOSPORT.com menyampaikan ada pergantian pemain. Kemungkinan, nama final baru akan diumumkan besok, Selasa (08/08/23) setelah PSSI mendapat informasi terbaru dari pelatih Shin Tae-yong.

Pada Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 menempati Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste dalam turnamen regional yang diikuti 10 tim ini.

Rencananya, latihan dimulai pada 8 Agustus mendatang, sebelum keberangkatan ke Thailand.  

"Memang dalam persiapan biar bisa jalani TC, rencananya tanggal 8 Agustus sudah mulai TC," jelasnya.

"Dalam persiapan, memang kita sudah lakukan pemanggilan kepada pemain lewat klub. Ya kita lihat nanti bagaimana kondisinya nanti," tuntas Shin Tae-yong. 

Bocoran pemain Timnas Indonesia U-23

Kiper: Daffa Fasya (Borneo FC) Ernando Ari (Persebaya) Muhammad Adisatryo (PSIS)

Bek: Bagas Kaffa (Barito Putera) Kadek Arel (Bali United) Komang Teguh (Borneo FC) Haykal Alhafiz (Persija) Muhammad Ferarri (Persija) Rizky Ridho (Persija) Frengky Missa (Persija) Alfeandra Dewangga (PSIS)

Gelandang: Arkhan Fikri (Arema FC) Muhammad Taufany (Borneo FC) Fajar Fathur Rachman (Borneo FC) Beckham Putra (Persib) Robi Darwis (Persib) Muhammad Kanu (Persis) Esal Sahrul (Persita) Abdul Rahman (RANS Nusantara) Ivar Jenner (FC Utrecth)

Penyerang: Rafael Struick (ADO Den Haag) Muhammad Ragil (Bhayangkara FC) Salim Akbar (Madura United) Witan Sulaeman (Persija) Irfan Jauhari (Persis) Ramadhan Sananta (Persis)