In-depth

Selain Thomas Doll & Tavares, Ada 3 Pelatih Besar yang Pernah Membangkang Tolak Lepas Pemain ke Timnas

Minggu, 13 Agustus 2023 06:15 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Argentina. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Argentina. (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Thomas Doll dan Bernardo Tavares ternyata bukan lah satu-satunya pelatih yang menolak lepas pemainnya ke timnas Indonesia.

Dunia sepak bola Tanah Air tengah beberapa hari belakangan tengah dihebohkan dengan amarah Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, lantaran ada beberapa pelatih klub Liga 1 yang enggan melepas pemainnya ke timnas Indonesia U-23.

Saat ini timnas Indonesia U-23 sedang melakukan pemusatan latihan di Jakarta guna mempersiapkan diri tampil di turnamen Piala AFF U-23 mulai Kamis, 17 Agustus 2023 mendatang.

Hanya saja persiapan Skuad Garuda Muda sedikit terganggu lantaran ada sejumlah pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong, tak kunjung bisa bergabung.

Hal tersebut lantaran pemain tidak diizinkan oleh pelatih klubnya untuk ambil bagian. Seperti Rizky Ridho, pemain berposisi sebagai bek tengah itu tak ikut TC timnas U-23, karena pelatih Persija, Thomas Doll tak mengizinkan.

Selain Rizky Ridho, penggawa PSM Makassar, Dzaky Asraf juga tidak dilepas oleh pelatih Bernardo Tavares, sehingga membuat Sumardji marah.

"Saya kecewa dengan tidak hadirnya dua pemain tersebut. Yang perlu saya sampaikan untuk kepentingan nasional, hanya dipanggil untuk memperkuat timnas itu saja sama pelatihnya ditahan," ujar dia di Lapangan A Gelora Bung Karno,

Sejauh ini, sudah 17 pemain hadir dan enam pemain masih absen dalam latihan perdana yang dipimpin Shin Tae Yong pada Kamis (10/08/23).

Enam pemain yang belum hadir dalam TC itu adalah Alfeandra Dewangga, Kadek Arel, Muhammad Adi Satryo, Rizky Ridho, Dzaky Asraf, dan Beckham Putra.

Konflik antara pelatih klub Liga 1 dengan agenda pemusatan latihan timnas Indonesia yang berimbas pemain tak bisa dilepas, memang bukan masalah baru.

Sebelum Thomas Doll dan Bernardo Tavares bersikap, sudah ada beberapa pelatih yang pernah juga melakukan hal serupa menolak lepas pemain ke timnas Indonesia. Siapa saja?