Timnas Indonesia

Pemain Versatile Jebolan Eropa, Hanif Ramadhan Tambah Kualitas Timnas di Piala Dunia U-17

Selasa, 15 Agustus 2023 22:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Pers Garuda Select/Mola TV
Hanif Ramadhan, pemain Garuda Select 5 yang mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-17 jelang Piala Dunia U-17 2023. (Foto: Pers Garuda Select/Mola TV) Copyright: © Pers Garuda Select/Mola TV
Hanif Ramadhan, pemain Garuda Select 5 yang mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-17 jelang Piala Dunia U-17 2023. (Foto: Pers Garuda Select/Mola TV)

INDOSPORT.COM - Pemain versatile yang pernah bermain di Eropa, Hanif Ramadhan siap membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, November nanti.

Muhammad Hanif Ramadhan merupakan salah satu pemain jebolan Garuda Select, program pembinaan pemain usia muda di Inggris dan Italia, dan kini dipanggil ke Timnas U-17.

Meski memiliki pengalaman dua musim membela Garuda Select angkatan 4 dan 5, namun Hanif Ramadhan tidak serta merta mendapatkan tiket emas ke Timnas U-17.

Hanif harus melalui serangkaian seleksi ketat, bersaing dengan para pemain lainnya dari seluruh Indonesia, termasuk pemain diaspora yang juga berpengalaman di Eropa.

"Persaingan di sini benar-benar ketat, semua pemain punya kualitas yang bagus," ungkap Hanif Ramadhan, dilansir dari laman resmi Garuda Select, Selass (15/08/23).

"Tapi karena terbiasa di Garuda Select bersaing dengan para pemain asing, jadi cukup membantu saya," tambah pemain kelahiran Bangil, 26 November 2006 itu.

Salah satu kelebihan Hanif Ramadhan dibandingkan pemain lainnya adalah ia bisa ditempatkan di posisi apa saja di lini tengah, atau disebut sebagai versatile player.

"Posisi asli saya gelandang bertahan, tapi ketika di Eropa kemarin saya juga dilatih sebagai gelandang serang ataupun gelandang tengah," jelasnya.

"Jadi, saya bisa tahu apa yang harus dilakukan ketika bermain di lapangan," ungkap pemain Cipta Cendekia tersebut.

"Hal itu cukup membantu saya untuk siap dimainkan di posisi mana pun ketika pelatih membutuhkan saya," ujar Hanif Ramadhan.