In-depth

Bedah Formasi Liverpool dengan Wataru Endo: Akhirnya Temukan Sosok Penyelamat

Kamis, 17 Agustus 2023 16:51 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Phil Noble
Wataru Endo akan melengkapi trio gelandang baru Liverpool. Foto: REUTERS/Phil Noble. Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Wataru Endo akan melengkapi trio gelandang baru Liverpool. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, menggebrak bursa transfer dengan merekrut gelandang baru, Wataru Endo.

Kabar tentang merapatnya pemain yang satu ini mulai meluas pada Kamis (17/08/23) pagi dan berkembang menjadi desas-desus positif di kalangan penggemar.

Di sisi lain, kedatangannya akan menjadi pelipur lara tersendiri bagi Liverpool yang beberapa waktu terakhir dibuat pusing oleh Romeo Lavia dan Moises Caicedo.

Dua pemain tersebut memang sangat santer dikabarkan akan merapat ke skuad The Reds, dengan pemberitaan yang masif di mana-mana.

Akan tetapi, setelah dibahas oleh khalayak ramai, mereka malah urung merapat dan pada akhirnya membuat Liverpool terpaksa berpaling.

Berbeda dengan Romeo Lavia dan Moises Caicedo, kabar tentang Wataru Endo bak petir di siang bolong yang membuat gempar jagat bursa transfer.

Meski begitu, banyak yang menilai pemain asal Jepang ini adalah rekrutan yang tepat untuk Liverpool dengan situasi mereka yang membutuhkan gelandang bertahan.

Setidaknya sejak musim 2020/2021, Wataru Endo menjelma sebagai yang terdepan di antara gelandang-gelandang Bundesliga Jerman di banyak kategori.

Sebagaimana pernah dicatat Squawka, ia unggul untuk most possession won in defensive ⅓, most aerial duels won, most clearances, dan most headed clearances.

Dengan kemampuannya yang terbiasa bermain sebagai gelandang bertahan, Liverpool pun diharapkan telah menemukan sosok yang tepat.

Jika bermain di skema 4-3-3, Wataru Endo bisa berada di sisi kanan lapangan tengah, posisi yang juga biasa ia tempati saat di VfB Stuttgart.

Bersamanya, akan bermain dua gelandang baru Liverpool lainnya yakni Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.

Sementara itu, Cody Gakpo yang dipasang sebagai gelandang di pertandingan menghadapi Chelsea pekan lalu akan kembali ke posisinya semula.

Dengan demikian, line up Liverpool setelah kedatangan Wataru Endo akan berubah di sektor gelandang yang seluruhnya berisi pemain-pemain baru.

Sementara itu, sejumlah pemain lawas seperti Thiago Alcantara, Harvey Elliott, dan Curtis Jones mungkin akan berada di daftar bangku cadangan.