Bola Internasional

Kontroversi Timnas Inggris Pakai Jasa Pelatih Wanita Sarina Wiegman Gantikan Gareth Southgate

Jumat, 18 Agustus 2023 08:23 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Reuters/Jason Cairnduff
Muncul kontroversi calon pengganti Gareth Southgate di Timnas Inggris adalah pelatih wanita. Foto: Reuters/Jason Cairnduff. Copyright: © Reuters/Jason Cairnduff
Muncul kontroversi calon pengganti Gareth Southgate di Timnas Inggris adalah pelatih wanita. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - FA dan Timnas Inggris baru saja membawa kabar mengejutkan karena wacana mereka mengganti Gareth Southgate dengan Sarina Wiegman.

Kabar itu pun langsung menjadi perbincangan warganet dunia maya, terutama para suporter The Three Lions, di tengah menipisnya waktu Gareth Southgate bersama Timnas Inggris jelang Euro 2024.

Menyusul teka-teki masa depan Gareth Southgate inilah, sederet nama calon manajer baru mulai mencuat - bahkan sudah sejak lama.

Hanya saja, dari sekian nama yang bermunculan, Sarina Wiegman-lah yang paling menonjol karena ia seorang wanita.

Tentu saja, tidak ada yang salah soal itu. Siapa pun bisa dan berhak menggantikan Gareth Southgate sebagai juru taktik baru Timnas Inggris.

Akan tetapi, kontroversi serta pro kontra tetap tidak terelakkan. Ada yang mendukung, ada pula yang mengerutkan dahi - seperti yang terjadi di media sosial.

Dalam salah satu unggahan ESPN UK di X (dulunya Twitter) misalnya, warganet mengirim beragam reaksi atas wacana penunjukan Sarina Wiegman.

“Aku rasa lebih bijak untuk tidak berkomentar di postingan tentang gender-sensitive,” ucap salah satu warganet dengan akun @tundese***s3.

“Dia ahli taktik yang lebih baik dari Pep Guardiola,” tulis warganet lainnya lagi dengan akun @thepoetpre***.

“Lelucon,” tulis @The****Blaze singkat sambil menyertakan ekspresi tertawa “Haha” dalam cuitannya.

Lantas, siapa sebenarnya Sarina Wiegman? Sosok manajer perempuan yang bisa gantikan Gareth Southgate ini?