Timnas Indonesia

Malaysia U-23 Ulur Waktu Saat Unggul Atas Timnas U-23, STY: Itu Strategi, tapi...

Sabtu, 19 Agustus 2023 10:04 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Malaysia U-23 meraih tiga poin setelah mengalahkan timnas Indonesia dalam laga pembuka Grup B Piala AFF 2023. Skuat Harimau Malaya menang tipis 2-1 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Jumat (18/8/23) semalam.

Malaysia sejatinya tertinggal di babak pertama. Gawang tim asuhan Elavarasan Elangowan dibobol Ramadhan Sananta pada menit ke-28.

Tapi, Malaysia berhasil bangkit di babak kedua. Fergus Tierney jadi pahlawan berkat dua golnya pada menit 54 lewat titik penalti dan menit ke-62 yang kemudian bertahan hingga akhir laga.

Meski menang, skuat Malaysia jadi sorotan karena mencoba mengulur waktu saat sudah unggul 2-1. Beberapa pemain Negeri Jiran terlihat jatuh.

Disinggung hal tersebut, pelatih timnas U-23, Shin Tae-yong, tidak terlalu ambil pusing. Dia menilai hal itu kerap jadi strategi untuk pertahankan keunggulan.

Tapi, juru taktik asal Korea Selatan itu mengingatkan agar hal seperti itu tidak boleh sering dilakukan. Itu akan menghalangi perkembangan sepak bola Asia Tenggara.

“Saya pikir itu salah satu strategi buat pertahankan kemenangan. Tapi sejujurnya jika ingin sepak bola Asia Tenggara lebih bagus, harus menghilangkan karakter seperti itu,” ujar Shin Tae-yong.

Pada laga semalam, pemain Malaysia terlihat beberapa kali meminta perawatan medis. Hal itu membuat asisten pelatih Timnas U-23 seperti Yoo Jae-hoon dan Choi In-cheol meminta wasit mengecek jamnya karena dinilai mengulur waktu pertandingan. 

Menurut Shin Tae-yong, Indonesia sebenarnya memulai laga dengan baik. Tapi, penalti yang didapat Malaysia mengubah seluruh permainanan.