Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Malaysia, Shin Tae-yong Sebut Hal Ini jadi Biang Keladi

Sabtu, 19 Agustus 2023 11:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Pertandingan perdana Grup B Piala AFF U-23 antara Malaysia vs Timnas Indonesia U-23, Jumat (18/08/23) malam WIB. Copyright: © PSSI
Pertandingan perdana Grup B Piala AFF U-23 antara Malaysia vs Timnas Indonesia U-23, Jumat (18/08/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan tipis dari Malaysia di laga perdana Grup B Piala AFF U-23 2023. Skuad Garuda Muda kalah dengan skor 1-2, Jumat (18/08/23) malam di Rayong Provincial Stadium, Thailand.

Timnas Indonesia U-23 sejatinya unggul di babak pertama lewat gol Ramadhan Sananta pada menit ke-28. Dia manfaatkan unpan matang Frengky Missa.

Di babak kedua, Malaysia bisa samakan kedudukan jadi 1-1 berkat gol Fergus Tierney (‘54) lewat titik penalti. Nama yang sama kemudian bawa tim Harimau Malaya unggul 2-1 pada menit ke-62 yang kemudian bertahan hingga akhir laga.

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong mengatakan momen penalti mengubah jalannya pertandingan. Dia menilai wasit seharusnya tidak memberikan pelanggaran karena Kadek Arel tidak melakukan kontak serius dengan pemain Malaysia.

“Saya pikir kedua tim bermain bagus, tapi saya soroti soal penalti. Itu menurut saya bukan pelanggaran karena setelah lihat tayangan ulang, itu seharusnya tak penalti. Itu yang mengubah jalannya pertandingan,” katanya.

Hukuman penalti membuat pemain Indonesia tertekan dan berujung lakukan kesalahan pada gol kedua. Tapi, juru taktik asal Korea Selatan itu memaklumi karena Timnas U-23 tidak turunkan pemain terbaik. 

“Ketika kami dapat hukuman penalti saya pikir itu jadi momentumnya. Itu membuat tertekan pemain kami, kami punya banyak pemain muda jadi ini pengalaman yang sulit buat mereka,” jelas Shin Tae-yong.

Hasil ini membuat Timnas U-23 menempati dasar klasemen Grup B tanpa satu pun poin. Sementara Malaysia U-23 memimpin dengan tiga poin, menyusul Timor Leste diperingkat kedua (belum bertanding). 

Meski kalah, Muhammad Ferarri dan kolega masih punya asa lolos ke semifinal Piala AFF U-23. Ada satu pertandingan lagi melawan Timor Leste pada 20 Agustus mendatang.

Timnas Indonesia U-23 diwajibkan menang dengan skor besar saat menghadapi Timor Leste U-23 di pertandingan pamungkas Grup B. Itu karena ada satu tiket semifinal tersisa untuk runner up terbaik.