Liga 1

Gilbert Agius Ingatkan Pemain PSIS Tentang Potensi Bahaya Persib Bandung

Minggu, 20 Agustus 2023 11:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, mengingatkan tim tentang potensi bahaya Persib Bandung. Paulo Gali Freitas dkk. harus konsentrasi penuh saat bersua pada lanjutan Liga 1 2023-2024, Minggu (20/8/23) malam.

PSIS pulang ke Stadion Jatidiri Semarang dengan percaya diri tinggi. PSIS baru saja melewati dua pertandingan dengan raihan enam poin dan catatan enam gol.

Prestasi itu membuat PSIS menjaga posisi tetap di papan atas Liga 1 2023-2024. PSIS kini mengoleksi 14 poin dari delapan pertandingan.

Hanya saja, percaya diri yang berlebihan bisa berbalik menjadi senjata makan tuan. Persib sejatinya memiliki pemain-pemain luar biasa meski masih ada di zona degradasi.

Makanya, Gilbert Agius mengingatkan timnya untuk fokus penuh sepanjang pertandingan. Persib bukanlah tim yang pantas untuk disepelekan.

"Atmosfer tim sedang bagus. Kepercayaan diri para pemain juga bagus, tapi kami tidak bisa bermain tanpa menjaga konsentrasi secara penuh," kata Gilbert Agius, Jumat (19/8/23) malam.

Dalam perjalanan musim ini, Persib pernah mencatatkan satu kemenangan di laga tandang atas Persik Kediri 2-1. Hal ini yang sangat diwaspadai PSIS.

"Jika kami tidak bermain dengan konsentrasi maksimal, kami akan kesulitan. Kami harus bisa menjaga konsentrasi secara penuh," lanjut Gilbert Agius.

Kemungkinan besar Gilbert Agius akan mempertahankan mayoritas skuat ketika menang atas Dewa United 4-1. Salah satu pergantian yang mungkin terjadi adalah di posisi bek kanan.

Dalam beberapa laga terakhir, posisi ini diberikan kepada Bayu Fiqri. Dengan kembalinya Fredyan Wahyu ke tim, kemungkinan besar posisi ini akan dikembalikan ke pemain yang akrab disapa Ucil tersebut.

Sementara untuk trio lini depan masih bertahan pada Taisei Marukawa, Carlos Fortes dan Paulo Gali Freitas. Mereka akan mendapat sokongan dari dua gelandang energik, Septian David Maulana dan Boubakary Diarra.

"Pesan saya untuk para pemain, kita harus tetap berjuang. Kita harus bisa menjaga konsentrasi dalam setiap pertandingan. Tak penting apa hasil pertandingan yang kami raih sebelumnya," ungkap Gilbert Agius.

Gilbert Agius mengingatkan hal ini karena beberapa tim kerap terjatuh setelah mendapat hasil bagus. Euforia kemenangan atas Dewa United 4-1 harus dibuang jauh-jauh.

"Kami telah merayakan dan merasa gembira, tetapi sekarang kami harus mulai mengalihkan fokus untuk menghadapi Persib Bandung," tegas Gilbert Agius.

Bila melihat catatan dalam sejarah Liga 1, Persib Bandung memang sangat dominan atas Persib Bandung. Dalam delapan pertandingan, Persib menang enam kali.

Kemenangan terakhir PSIS atas Persib Bandung dicatatkan pada 8 November 2018. Kala itu, PSIS menang atas Persib Bandung 3-0 lewat gol Bruno Silva, Ibrahim Conteh dan Hari Nur Yulianto.

PSIS Semarang tentunya ingin memperbaiki catatan itu dengan memanfaatkan tren bagus di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (20/8/23).