Liga Indonesia

Ambisi Besar Gresik United Kejar Tiket Promosi Liga 1 Usung Skuat Premium

Senin, 21 Agustus 2023 12:04 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Gresik United
Rudy Eka Priyambada resmi menjadi pelatih Gresik United di kompetisi Liga 2. (Foto: MO Gresik United) Copyright: © MO Gresik United
Rudy Eka Priyambada resmi menjadi pelatih Gresik United di kompetisi Liga 2. (Foto: MO Gresik United)

INDOSPORT.COM - Gresik United sangat percaya diri menatap kick-off Liga 2 2023/24. To the top (menuju puncak) menjadi slogan resmi mereka musim ini.

Bukan tanpa landasan tim berjulukan Laskar Joko Samudro itu mengusung target tinggi. Keinginan untuk kembali promosi ke Liga 1 menjadi misi utama.

Alasan itu pula yang membuat Gresik United cukup serius sejak tahap pembentukan tim. Rudy Eka Priyambada ditunjuk menduduki kursi pelatih.

Tak hanya dibebani target tinggi mengembalikan Gresik United ke Liga 1, eks pelatih timnas putri Indonesia juga mengusung ciri khas ngeyel ala klub sepak bola Jawa Timur.

"Dengan cara bermain seperti ini, Jawa Timur yang ngeyel, ngosek, kami harus yakin tim ini to the top," ujar Rudy Eka Priyambada usai uji coba kontra Persikab Bandung, Sabtu (19/8/23).

Optimisme itu tak lepas dari rangkaian hasil positif Gresik United selama masa pramusim Liga 2. Samsul Arif cs. belum terkalahkan dalam dua laga uji coba.

Gresik United sebelumnya melakoni tur Jawa Tengah. Mereka menahan imbang tim tuan rumah Persip Pekalongan 3-3, Selasa (15/8/23).

Sedangkan saat berlaga di Stadion Joko Samudro Gresik, pasukan Rudy Eka Priyambada melibas Persikab Bandung dengan skor 3-2, Sabtu (19/8/23).

Kemenangan ini terasa dramatis karena ditentukan melalui penalti Samsul Arif pada menit ke-75. Sebelum itu, Gresik United sempat tertinggal dua gol cepat lawan sebelum skor sama kuat 2-2.

"Dua kali kami kebobolan menit awal. Tentu kami mensyukuri kemenangan ini. Para pemain sudah saling memahami," beber Rudy Eka Priyambada.

Seiring target tinggi yang diusung, Gresik United juga menyeleraskannya dengan kekuatan tim yang bermaterikan beberapa pemain kelas Liga 1.

Tim yang berdiri pada 2005 itu musim ini tak cuma akan mengandalkan peran pemain muda, melainkan personel senior sarat pengalaman untuk mendongkrak performa.

Beberapa rekrutan ternama Gresik United musim ini antara lain Samsul Arif Munip (Persis Solo) dan gelandang asal Jepang, Renshi Yamaguchi (Arema FC).

Sementara itu, sejumlah pemain senior kenyang jam terbang dipertahankan sejak musim lalu. Dua di antaranya adalah Jefri Kurniawan dan I Gede Sukadana.

"Hadirnya Renshi membuat pakem permainan lebih baik lagi. Sebuah modal bagi tim ini untuk menyongsong Liga 2," tandas Rudy Eka Priyambada.

Gresik United sendiri akan memulai perjuangan mencapai target kembali promosi ke Liga 1 pada 10 September mendatang. Mereka tergabung di Grup 3.

Gresik United akan bersaing dengan Persela Lamongan, Deltras FC Sidoarjo, PSCS Cilacap, Persekat Tegal, Persipa Pati dan Persijap Jepara.

Setidaknya, I Gede Sukadana dkk. akan memainkan 12 laga di babak reguler. Jika finis di 3 besar, peluang promosi akan berlanjut, tapi jika gagal mereka harus siap-siap bertarung di play-off degradasi.