In-depth

Kalahkan Sheikh Jassim, 3 Keajaiban yang Akan Dibuat Jim Ratcliffe di Manchester United

Selasa, 22 Agustus 2023 16:13 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Eric Gaillard
Proses penjualan klub raksasa Liga Inggris (Premier league), Manchester United, masih tonjolkan dua kandidat pemilik baru yakni Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard) Copyright: © REUTERS/Eric Gaillard
Proses penjualan klub raksasa Liga Inggris (Premier league), Manchester United, masih tonjolkan dua kandidat pemilik baru yakni Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

INDOSPORT.COM - Proses penjualan klub raksasa Liga Inggris (Premier league), Manchester United, masih tonjolkan dua kandidat pemilik baru yakni Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim.

Sejak November 2022 lalu, keluarga Glazer sebagai pemegang saham mayoritas The Red Devils telah mengumumkan minat mereka untuk mencarikan owner baru bagi salah satu aset terbaik mereka tersebut.

Hanya saja hingga detik ini tidak kunjung ada pengumuman soal hasilnya dan klan pengusaha asal Amerika Serikat tersebut masih menjadi pemilik sah dari Manchester United.

Baik Ratcliffe maupun Sheikh Jassim serta sejumlah calon ivestor lain telah mengajukan beberapa tawaran namun belum juga diterima.

Kabarnya Glazer meminta mahar 6 miliar Pounds yang mana akan menjadikan takeover ini sebagai yang termahal dalam sejarah jual beli tim olahraga dunia.

Mengingat besarnya dana yang dilibatkan, rasanya cukup wajar jika proses negosiasi berjalan lambat dan alot mengingat tawar menawar akan terjadi.

Akan tetapi bila dibandingkan dengan serah terima Chelsea pada awal tahun ini semuanya jadi terasa terlalu lama.

Sebagai info, hanya butuh sekitar empat bulan saja untuk Todd Boehly mengakusisi The Blues dari tangan Roman Abramovich pada Mey 2022 lalu.

Menurut info terbaru dari The Sun, kini Sheik Jassim sudah dekat dengan kemenangan sebagai pemilik baru Manchester United dan pengumuman akan hal ini akan dieksekusi dalam hitungan pekan.

Namun bila melihat tren soal rumor terkait, bukan tidak mungkin jika semua itu hanya rumor kosong belaka dan justru Ratcliffe lah yang bakal menjadi juragan baru di sisi merah kota pelabuhan.

Terutama karena kabarnya Ratcliffe masih mengizinkan Glazer untuk ikut dalam proyeknya mengurus Manchester United yang mana jauh berbeda dengan ambisi kontrol penuh Sheikh Jassim.

Jim Ratcliffe memang tidak, atau belum, punya reputasi pembawa sukses besar untuk tim olahraga yang ia miliki bak itu di Formula 1 maupun sepakbola namun diperkirakan dirinya akan tetap membawa sejumlah perubahan positif.

Bagaimanapun juga Ratcliffe adalah fans Manchester United yang sejak lama memang ingin mengakusisi tim tersebut dari Glazers nyaris satu dekade terakhir.

Berikut ini adalah sejumlah kebijakan yang bisa pendiri perusahaan INEOS tersebut terapkan apabila sukses mengankangi Sheikh Jassim.

Kebanyakan akan bersifat non-tekhnis mengingat hal itu adalah yang paling bisa cepat dilihat dan dirasakan perubahannya.