In-depth

5 Pemain yang Gadaikan Karier di Eropa demi Cuan di Asia, Terbaru Gabri Veiga

Jumat, 25 Agustus 2023 18:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Miguel Vidal
Terdapat lima pemain yang rela menggadaikan kariernya di Eropa demi meraup pundi-pundi uang di Asia, di mana yang terbaru adalah Gabri Veiga. Copyright: © REUTERS/Miguel Vidal
Terdapat lima pemain yang rela menggadaikan kariernya di Eropa demi meraup pundi-pundi uang di Asia, di mana yang terbaru adalah Gabri Veiga.

INDOSPORT.COM – Terdapat lima pemain yang rela menggadaikan kariernya di Eropa demi meraup pundi-pundi uang di Asia, di mana yang terbaru adalah Gabri Veiga.

Sebelum hijrah ke Asia, tepatnya ke Arab Saudi, nama Gabri Veiga sempat menjadi komoditi terpanas di bursa transfer musim panas 2023.

Pemain yang baru berusia 21 tahun itu menjadi buruan klub-klub top seperti Manchester City, Chelsea, dan bahkan Liverpool dari Inggris.

Lalu, pemain yang membela Celta Vigo itu dirumorkan akan bergabung Napoli. Bahkan kedua tim telah sepakat untuk biaya kepindahannya.

Nahas di detik-detik terakhir, ia justru memutuskan bergabung klub Arab Saudi, Al Ahli, usai klausul rilisnya ditebus yakni sebesar 40 juta euro (Rp660 miliar).

Kepindahan Gabri Veiga yang masih berusia muda ke Al Ahli pun menjadi perdebatan. Bahkan, kepindahan ini disinggung oleh Toni Kroos sebagai hal yang memalukan.

Tapi apa daya, tawaran besar dari Al Ahli membuat Gabri Veiga menggadaikan kariernya di Eropa demi mendapat cuan di Asia.

Langkah Gabri Veiga ini bukanlah barang baru. Sebab, sebelum dirinya sudah ada beberapa pemain yang rela menggadaikan kariernya di Eropa demi cuan di Asia. Siapa saja?

1. Oscar Emboaba

Siapa yang tak ingat dengan Oscar Emboaba? Pemain asal Brasil ini menggemparkan jagat sepak bola usai memutuskan meninggalkan Chelsea demi bermain untuk Shanghai SIPG di China pada 2017.

Saat itu, Oscar menerima pinangan Shanghai SIPG karena mendapat bayaran masif, yakni 500 ribu poundsterling per pekannya.

Ia pun rela menggadaikan kariernya di Eropa di usia yang baru 25 tahun demi segepok uang di China karena ingin menyejahterakan keluarganya yang punya latar belakang miskin.

2. Hulk

Sebelum Oscar, ada Hulk atau Givanildo Vieira de Souza yang juga menggadaikan kariernya di Eropa demi mendapat pundi-pundi uang di Asia usai bergabung Shanghai SIPG pada 2016.

Saat hijrah ke China, Hulk baru berusia 29 tahun atau di puncak kariernya, di mana ia menjadi buruan banyak klub top Eropa pasca penampilan apiknya bersama Zenit St Petersburg.

Tapi, Hulk mengabaikan tawaran di Eropa itu demi bermain untuk Shanghai SIPG yang berani memberinya gaji 320 ribu poundsterling per pekannya hingga 2020.