In-depth

Bedah Problem Ryan Bertrand, Bek Kiri Darurat Man United dan Kandidat Transfer Terburuk Musim Ini

Sabtu, 26 Agustus 2023 18:45 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© INDOSPORT
Manchester United dikaitkan dengan kabar mengejutkan jelang penutupan bursa transfer musim panas 2023. Mereka mengincar Ryan Bertrand yang berstatus free agent. Copyright: © INDOSPORT
Manchester United dikaitkan dengan kabar mengejutkan jelang penutupan bursa transfer musim panas 2023. Mereka mengincar Ryan Bertrand yang berstatus free agent.

INDOSPORT.COM - Manchester United dikaitkan dengan kabar mengejutkan jelang penutupan bursa transfer musim panas 2023. Mereka mengincar Ryan Bertrand yang berstatus free agent.

Krisis pemain berposisi bek kiri jadi alasan kenapa The Red Devils sampai harus rela melayangkan tawaran pada sang pemain veteran Inggris.

Saat ini Luke Shaw dan Tyrell Malacia sama-sama mengalami cedera yang membuat mereka akan absen untuk waktu yang tidak diketahui anatara hitungan pekan atau bahkan bulan.

Malacia sudah menepi sejak pramusim tanpa alasan yang diketahui selain oleh pihak klub dan manajer Erik ten Hag masih menunggu kapan fullback asal Belanda itu bisa pulih.

Sedangkan Shaw alami masalah otot saat sesi latihan dan menurut Manchester Evening News, ia bisa saja harus beristirahat sampai November 2023 mendatang.

Mengingat saat ini Manchester United hanya punya pemain akademi sebagai back-up, wajar jika kemudian bila mereka siap turun ke bursa transfer mencari pemain darurat dan nama Ryan Bertrand muncul ke pemurkaan.

Daily Express menuturkan jika pemain yang tak punya klub pasca berpisah dengan Leicester City per 1 Juli lalu itu masuk dalam daftar pantauan Setan merah.

Sebelumnya Bertrand dikenal sebagai pemain level Liga Inggris yang menghabiskan sebagian besar kariernya untuk Southampton (2014-2021) namun pria 34 tahun itu sudah melewati masa emasnya.

Bertrand kerap diganggu cedera dan belum memainkan partai kompetitif selama nyaris dua tahun penuh. Kini ia tengah berlatih bersama Chelsea, tim akademinya, untuk menjaga kebugaran sembari mencari klub baru di bursa transfer.

Menariknya ke Old Trafford akan jadi perjudian besar bagi Manchester United yang saat ini saja sudah dalam tekanan karena tidak memiliki bursa transfer spektakuler.

Memang benar mendekati penutupan pasar pemain, pengganti ideal untuk Shaw dan Malacia akan sangat sulit dicari karena klub pemilik bintang ideal siap mematok harga tinggi.

Akan tetapi Manchester United tetaplah Manchester United. Sebuah klub besar dengan talent scouting, yang harusnya, berkelas dunia dan tentunya memiliki data base lengkap soal kualitas pemain dari berbagai penjuru dunia.

Keterlaluan jika mereka harus menyasar Ryan Bertrand sebagai opsi darurat. Setidaknya kesempatan untuk promosi untuk para fullback kiri muda dari akademi macam Alvaro Fernandez yang tampil oke di pramusim.

Statistik Bertrand dalam dua musim terakhir sangatlah jauh dari kata meyakinkan untuk klub sekelas Manchester United.

Sampai-sampai kebijakan untuk merekrut lagi Jonny Evans yang sudah 35 tahun, juga sebagai free agent dari Leicester City, tampak lebih masuk akal.