In-depth

5 Tim dengan Pengeluaran Bersih Terbesar di Bursa Transfer 2023, Arsenal-Chelsea Saingi Al Hilal

Minggu, 27 Agustus 2023 15:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© chelseafc
Setidaknya ada lima klub di dunia yang punya pengeluaran bersih terbanyak jelang penutupan bursa transfer musim panas 2023. Siapa saja? Copyright: © chelseafc
Setidaknya ada lima klub di dunia yang punya pengeluaran bersih terbanyak jelang penutupan bursa transfer musim panas 2023. Siapa saja?

INDOSPORT.COM – Setidaknya ada lima klub di dunia yang punya pengeluaran bersih terbanyak jelang penutupan bursa transfer musim panas 2023. Siapa saja?

Bursa transfer musim panas 2023 akan segera ditutup, di mana untuk sepak bola Eropa, aktivitas membeli pemain akan ditutup resmi pada 1 September 2023.

Sedangkan di berbagai benua atau negara lainnya, seperti Arab Saudi, bursa transfer masih akan dibuka hingga tanggal 20 September 2023.

Di bursa transfer musim panas 2023 ini, penikmat sepak bola dihebohkan dengan transfer pemain jor-joran hingga memecahkan rekor transfer di masing-masing liga.

Dengan biaya besar pemain saat ini, banyak klub rela menggelontorkan uang hingga triliunan rupiah untuk memboyong satu pemain saja.

Tapi ada pula beberapa klub yang membeli pemain mahal tapi dengan hasil penjualan pemain-pemain lamanya yang juga dilepas dengan harga mahal.

Sehingga, klub-klub ini terhitung hanya mengeluarkan pengeluaran bersih (Net Spend) untuk belanja pemain. Net Spend sendiri menjadi indikator keuangan klub dan kesehatan cara kerja klub.

Lalu, klub mana saja yang punya Net Spend atau pengeluaran bersih terbesar di bursa transfer musim panas 2023 ini? Berikut rangkuman INDOSPORT.

5. Chelsea

Chelsea menjadi tim terboros di bursa transfer musim panas 2023 ini, yakni telah membelanjakan total 417 juta euro (9Rp6,8 triliun) untuk pemain baru.

Tapi, biaya belanja The Blues yang wah ini berbanding lurus dengan penjualan pemainnya yang mencapai 254,9 juta euro atau setara Rp4,2 triliun.

Jika dihitung, maka Chelsea sejatinya baru mengeluarkan biaya belanja atau pengeluaran bersih sebesar 162,2 juta euro saja atau setara Rp2,6 triliun.

4. Al Nassr

Bursa transfer musim panas 2023 dikejutkan dengan aktivitas belanja jor-joran klub Arab Saudi. Salah satunya adalah Al Nassr yang telah membelanjakan 165,1 juta euro (Rp2,72 triliun).

Namun belanja besar Al Nassr ini tak dibarengi dengan penjualan pemainnya, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemain baru itu yakni Rp2,72 triliun, terhitung sebagai pengeluaran bersihnya.

Beruntung bagi Al Nassr, Arab Saudi tak menerapkan Financial Fair Play (FFP), sehingga tak terkena sanksi karena pengeluaran dan pendapatannya memiliki selisih yang amat jauh.