In-depth

Bedah Kualitas Leonardo Spinazzola, Bek Kiri AS Roma yang Siap Digaet Manchester United

Selasa, 29 Agustus 2023 20:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Silvia Lore/Getty Images
Bek AS Roma,  Leonardo Spinazzola Copyright: © Silvia Lore/Getty Images
Bek AS Roma, Leonardo Spinazzola

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United sedang bergerak cepat mencari bek kiri di bursa transfer musim panas 2023 dan kini muncul nama Leonardo Spinazzola.

Seperti diketahui, Manchester United saat ini sedang mencari sosok bek kiri baru di bursa trannsfer musim panas 2023, setelah cederanya Luke Shaw dan Tyrell Malacia.

Manchester United harus bergerak cepat lantaran bursa transfer musim panas 2023 akan ditutup pada 1 September. Muncul sejumlah nama, termasuk bek kiri AS Roma yakni Leonardo Spinazzola.

Gianluca Di Marzio melaporkan bahwa Manchester United baru melakukan langkah pendekatan kepada AS Roma demi bisa mendapatkan jasa Leonardo Spinazzola.

Langkah tersebut baru sebatas bertanya-bertanya informasi mengenai bek asal Italia itu saja ketimbang langsung melayangkan tawaran.

Pria berusia 30 tahun itu bermain impresif bagi Timnas Italia pada Euro 2020 lalu dan masa baktinya bersama AS Roma akan berakhir pada musim ini.

Leonardo Spinazzola kemungkinan bisa dipinang Man United karena saat ini bukanlah pilihan utama Jose Mourinho. Sang pelatih lebih menyukai Nicola Zalewski untuk mengisi pos bek kiri.

Menurut Transfermarkt, valuasi Leonardo Spinazzola saat ini berada di angka 10 juta euro atau sekitar 173,82 miliar rupiah.

Leonardo Spinazzola  awalnya merupakan pemain binaan Akademi Siena. Ia sempat dipinjamkan ke Juventus U-19 pada 2010.

Bakatnya membuat Juventus kemudian memutuskan membelinya denga mahar Rp6,95 miliar pada 2012. Ia tidak langsung masuk skuat utama, melainkan dipinjamkan dahulu ke Empoli.

Selama berseragam Juventus, Leonardo Spinazzola memang menjadi seperti pemain "terbuang". Ia sempat dipinjamkan ke Empoli, Virtus Lanciano, AC Siena, Robur Siena, Atalanta BC Vincenza hingga Perugia.

Namun hal itu justru membuat Leonardo Spinazzola memiliki mental dan pengalaman yang apik. Ia sudah memperkuat banyak klub top Italia di sepanjang kariernya.

Sejak digaet oleh AS Roma pada bursa transfer musim panas 2019 lalu, Leonardo Spinazzola juga terbilang apik.

Di musim debutnya, Leonardo Spinazzola sukses mengemas satu gol dan dua assist dalam 24 pertandingan. Di musim berikutnya, ia menjalani 27 penampilan dengan dua gol dan empat assist.

Pada musim 2022-2023 lalu, ia tampil sebanyak 26 laga dengan mencetak satu gol dan empat assist di kompetisi Liga Italia (Serie A).

Selain Leonardo Spinazzola, Manchester United juga masih mengantongi tiga nama lain yaitu Marc Cucurella (Chelsea), Sergio Reguilon (Tottenham Hotspur), dan Marcos Alonso (Barcelona).