In-depth

Profil Marcos Alonso, Bek Kiri Darurat Manchester United yang Pernah Terlibat Pembunuhan

Selasa, 29 Agustus 2023 15:40 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Reuters/Daniele Mascolo
Marcos Alonso saat laga Liga Champions antara Inter Milan vs Barcelona Copyright: © Reuters/Daniele Mascolo
Marcos Alonso saat laga Liga Champions antara Inter Milan vs Barcelona

INDOSPORT.COM - Profil Marcos Alonso, bek kiri milik Barcelona yang siap diboyong oleh Manchester United di bursa transfer musim panas 2023 bisa kalian simak di artikel ini.

Seperti diketahui, raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United saat ini sedang mencari sosok bek kiri baru, setelah cederanya Luke Shaw dan Tyrell Malacia.

Manchester United harus bergerak cepat lantaran bursa transfer musim panas 2023 akan ditutup pada 1 September. Muncul sejumlah nama, termasuk bek kiri Barcelona bernama Marcos Alonso.

Marcos Alonso lahir di Madrid, Spanyol pada 28 Desember 1990 silam. Sebelum bergabung ke Barcelona, ia merupakan binaan Akademi Real Madrid.

Pada bursa transfer musim panas 2010 silam, ia digaet oleh Bolton Wanderers dengan mahar sebesar 2,4 juta euro atau sekitar Rp47 miliar.

Setelah tiga musim membela Bolton Wanderers, Marcos Alonso pindah ke Fiorentina dengan status bebas transfer pada 2013.

Ia sempat dipinjamkan ke Sunderland selama setengah musim, namun Marcos Alonso secara perlahan mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai bek serba bisa.

Berposisi asli sebagai fullback kiri, Marcos Alonso juga bisa dimainkan di sektor bek tengah maupun gelandang kiri. Hal itu membuat Chelsea tertarik meminangnya pada bursa transfer musim panas 2016 lalu dengan memberi tebusan 23 juta euro.

Bersama Chelsea Marcos Alonso sukses mencapai puncak kariernya. Tercatat, ia membantu The Blues mengangkat trofi Liga Inggris, Liga Champions, Liga Europa, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia antar Klub.

Barulah pada musim panas 2022 lalu, Marcos Alonso kembali ke Spanyol untuk bergabung dengan Barcelona. Ada alasan mengapa dia memilih Barca sebagai tempat melanjutkan kariernya.

Ayah dan kakek buyut Marcos Alonso ternyata pernah bermain untuk Barcelona. Kakek buyut Marcos Alonso dari garis keturunan ibu, merupakan pemain Barcelona pada era 1941-1943 silam.

ayahnya yang bernama Marcos Alonso Pena merupakan pemain Barcelona pada era 1982-1987 silam. Selama lima tahun berseragam Barcelona, ayahnya turut membantu Blaugrana juara Liga Spanyol (1 kali), Copa del Rey (1), Piala Super Spanyol (1), dan Piala Liga Spanyol (2).

Selain itu, Marcos Alonso ternyata juga pernah memiliki catatan kriminal. Bek kiri incaran Manchester United di bursa transfer musim panas 2023 itu pernah terlibat pembunuhan.