Timnas Indonesia

Dipanggil Timnas Indonesia, Bek Persib Rachmat Irianto Tetap Fokus Hadapi Persija

Selasa, 29 Agustus 2023 19:18 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Rachmat Irianto mencoba menggangu pergerakan bek Dewa United Ristro Mitrevski pada pekan ketiga Liga 1 di stadion GBLA, Jumat (14/07/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Rachmat Irianto mencoba menggangu pergerakan bek Dewa United Ristro Mitrevski pada pekan ketiga Liga 1 di stadion GBLA, Jumat (14/07/23).

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung, Rachmat Irianto, mengaku belum memikirkan agenda Timnas Indonesia, lantaran akan fokus mempersiapkan diri menghadapi Persija Jakarta di pekan ke-11 Liga 1 2023-2024.

Sebagai informasi, empat pemain Persib, yakni Rachmat Irianto, Marc Klok, Edo Febriansyah dan Ryan Kurnia, mendapatkan panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday bulan September 2023.

Pada FIFA Matchday tersebut, Indonesia akan melawan Turkmenistan, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, 8 September 2023 dan 24 pemain yang dipanggil akan berkumpul mulai 4 September mendatang.

Dengan demikian, Rachmat Irianto bersama rekan-rekannya dari tim Persib, akan lebih dulu mempersiapkan diri untuk melakoni pertandingan pekan ke-11 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Persija Jakarta.

Pasalnya, pertandingan menghadapi Persija akan digelar pada Sabtu (02/09/23), sehingga ada waktu untuk melakoni laga di Liga 1 sebelum bergabung dengan skuad Garuda.

Mantan pemain Persebaya Surabaya ini menuturkan, informasi pemanggilan dari Timnas Indonesia tersebut sudah didapat olehnya dua hari lalu.

Sebagai pemain sepak bola profesional, Rian sapaan akrabnya sangat senang mendapat kesempatan untuk bergabung dengan skuad Garuda. Pasalnya, memperkuat tim nasional merupakan cita-cita seluruh pesepakbola.

"Kabarnya begitu (dipanggil Timnas). Alhamdulillah. Dapat kabarnya dua hari yang lalu. Ada surat pemanggilan dan syukurlah bisa dipanggil Timnas. Karena semua pemain pasti tujuannya ke Timnas," ucap Rachmat Irianto.

Lebih lanjut Rian menuturkan, sejauh ini belum ada persiapan yang dilakukan olehnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, pasalnya dalam waktu dekat Persib akan melakoni pertandingan tandang menghadapi Persija.

Sehingga, pemain yang menggunakan nomor punggung 53 ini fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi skuad Macan Kemayoran, pada pekan ke-11 kompetisi Liga 1 2023-2024.

"Jelas sekarang belum ada karena di Minggu ini ada pertandingan melawan Persija. Jadi, fokus ke Persija dulu. Setelah itu ke Turkmenistan," jelasnya.

Pemanggilan Rachmat Irianto oleh Timnas Indonesia, bukan yang pertama, pasal dia sudah beberapa kali mendapatkan kesempatan bergabung untuk skuad Garuda.

Sementara itu, pada kompetisi Liga 1 2023-2024, Rachmat Irianto menjadi salah satu pemain andalan tim kebanggaan Bobotoh dan sering masuk dalam starting eleven.

Hingga memasuki pekan ke-10 kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, Rachmat Irianto tampil dalam 9 pertandingan dengan mengumpulkan 662 menit bermain dan menyumbangkan satu gol dan assist.

Pada pertandingan menghadapi Persija Jakarta, Rachmat Irianto, berpeluang untuk kembali tampil sebagai starter. Pasalnya, dalam empat laga terakhir dia sering masuk dalam starting eleven Persib.

Selain itu, dalam dua pertandingan terakhir di kompetisi Liga 1 2023-2024, skuad Maung Bandung berhasil meraih kemenangan yakni atas tuan rumah PSIS Semarang dan saat menjamu RANS Nusantara FC.

Kemenangan beruntun tersebut, dipastikan menambah motivasi dan kepercayaan pemain, sehingga menjadi modal bagi Rachmat Irianto dan kawan-kawan untuk menghadapi Persija Jakarta, pada pertandingan tandang kompetisi Liga 1 2023-2024, Sabtu (02/09/24).

Pada pertandingan nanti, skuad Maung Bandung bakal menargetkan kemenangan, untuk melanjutkan tren positif. Selain itu, tiga poin dibutuhkan untuk memperbaiki posisi Persib di klasemen.