In-depth

Manchester United Kurang Ngegas, Erik ten Hag Dihantui Wejangan Lawas Louis van Gaal

Kamis, 31 Agustus 2023 16:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Carl Recine
Manchester United mengawali musim 2023/2024 dengan hasil kurang maksimal dibanding para pesaingnya. Foto: REUTERS/Carl Recine. Copyright: © REUTERS/Carl Recine
Manchester United mengawali musim 2023/2024 dengan hasil kurang maksimal dibanding para pesaingnya. Foto: REUTERS/Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Wejangan Louis van Gaal tidak lama sebelum Erik ten Hag memutuskan bergabung dengan Manchester United nampaknya sekarang begitu menggelitik untuk diingat.

Seperti diketahui, Erik ten Hag ditunjuk menangani Manchester United pada April 2022 dan berhasil membawa Setan Merah melalui musim gemilang pada 2022/2023.

Mereka finis di papan atas klasemen Liga Inggris dan berhasil mengamankan tiket kompetisi teratas Eropa, Liga Champions, 2023/2024.

Meski punya modal apik untuk mengarungi musim baru, Marcus Rashford dkk mencatatkan hasil kurang maksimal di tiga laga perdana mereka.

Terlepas dari kekalahan dari Tottenham Hotspur, Manchester United meraih kemenangan di laga kontra Wolves dan Nottingham Forest.

Akan tetapi, dua kemenangan tersebut diraih dengan margin skor yang sangat tipis, masing-masing 1-0 dan 3-2.

Bahkan saat menghadapi Nottingham Forest, Manchester United sempat tertinggal dua gol yang dicetak sangat cepat di awal laga (menit ke-2 dan 4).

Setan Merah pun selamat dari lubang jarum setelah Christian Eriksen mencetak gol pertama dan ditambah oleh Casemiro.

Kedudukan pun berhasil mereka balikkan menjadi 3-2 setelah Bruno Fernandes mencetak gol dari titik putih di babak kedua.

Dari tiga pertandingan Liga Inggris yang sudah dilalui, start Manchester United bisa dibilang cukup lamban ketimbang sejumlah pesaingnya.

Saat ini, mereka bertengger di peringkat delapan klasemen, jauh di bawah rival sekotanya, Manchester City, yang berada di puncak.

Lalu Tottenham Hotspur, Liverpool, dan Arsenal berada di lima besar, sedangkan tim kuda hitam Brighton juga unggul di peringkat enam.

Walau perjalanan hingga akhir musim masih panjang, situasi Erik ten Hag saat ini sedikit mengingatkan pada wejangan seorang Louis van Gaal.

Seperti diwartakan United in Focus, dahulu Lous van Gaal pernah mewanti-wanti Erik ten Hag sebelum ia bergabung dengan Manchester United.

Dulu, Louis van Gaal sempat menyarankan Erik ten Hag bergabung dengan klub lain karena orientasi Manchester United yang lebih cenderung ke arah komersial.

Manchester United sendiri melakoni jadwal pramusim yang cukup melelahkan beberapa waktu lalu, dengan mengunjungi sejumlah negara dan memainkan delapan laga.

Mulai dari Irlandia, Norwegia, Skotlandia, lalu tidak ketinggalan berpindah-pindah kota di Amerika Serikat, ada beberapa pemain yang kemudian dilanda masalah kebugaran.

Sebut saja Mason Mount, Luke Shaw, Raphael Varane, dan yang lainnya, termasuk Kobbie Mainoo, harus menepi sementara dari lapangan.