In-depth

Royal Antwerp: Eks ‘Feeder Club’ Man United yang Jadi Debutan Liga Champions 2023/2024

Kamis, 31 Agustus 2023 14:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Royal Antwerp FC
Kompetisi antarklub terpopuler di Eropa, Liga Champions, untuk musim 2023/2024 ini kedatangan tamu baru yakni klub asal Belgia, Royal Antwerp. Copyright: © Royal Antwerp FC
Kompetisi antarklub terpopuler di Eropa, Liga Champions, untuk musim 2023/2024 ini kedatangan tamu baru yakni klub asal Belgia, Royal Antwerp.

INDOSPORT.COM – Kompetisi antarklub terpopuler di Eropa, Liga Champions, untuk musim 2023/2024 ini kedatangan tamu baru yakni klub asal Belgia, Royal Antwerp.

Royal Antwerp berhasil mencatatkan sejarah dengan pertama kalinya lolos Liga Champions di musim 2023/2024 usai lolos dari babak Play-off.

Tim berjuluk The Great Old ini harus melewati babak Play-off karena berhasil menjuarai Liga Belgia atau Jupiler Pro League musim 2022/2023 kemarin.

Dalam babak Play-off ini, Royal Antwerp pun berhasil mengalahkan wakil Yunani, AEK Athena, dengan agregat 3-1 dalam laga yang berlangsung dua leg.

Kemenangan itu otomatis membawa tim yang berpusat di Antwerp, Belgia ini berhasil lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Sebagai informasi, Royal Antwerp sendiri merupakan salah satu klub tua di Belgia, mengingat mereka berdiri pada tahun 1880 atau 143 tahun silam.

Meski berstatus tim tua, Royal Antwerp tak punya kiprah mentereng di kancah domestik. Hal ini terbukti dengan lima gelar yang didapatkan di Liga Belgia.

Karena tak punya kiprah mentereng di kancah domestik dan rendahnya ranking Liga Belgia membuat Royal Antwerp pun jarang tampil di kompetisi Eropa.

Namun, Royal Antwerp pernah menorehkan tinta emas menjadi Runner Up Cup Winners Cup yang merupakan kompetisi kasta kedua Eropa di era 90 an.

Berstatus sebagai debutan, Royal Antwerp datang ke Liga Champions 2023/2024 bukan sebagai pelengkap semata. Pasalnya, The Great Old ditukangi oleh bekas pemain kenamaan Eropa, Mark van Bommel.

Van Bommel bukanlah nama asing di sepak bola Eropa. Mantan penggawa Bayern Munchen dan AC Milan ini pernah menjuarai Liga Champions sebagai pemain pada 2005/2006 bersama Barcelona.

Di samping itu, Royal Antwerp punya sederet fakta menarik dalam sejarahnya sebagai klub sebelum tampil di Liga Champions 2023/2024. Siapa sangka, klub ini dulunya adalah ‘Feeder Club’ bagi raksasa Inggris, Manchester United.