Liga Champions

Masuk Grup Neraka Lagi, AC Milan Lekatkan Titel Apes di Liga Champions

Jumat, 1 September 2023 11:00 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Daniele Mascolo
AC Milan layak menyandang predikat klub apes di Liga Champions lantaran 3 tahun beruntun selalu masuk dalam grup sulit. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo) Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
AC Milan layak menyandang predikat klub apes di Liga Champions lantaran 3 tahun beruntun selalu masuk dalam grup sulit. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM -  AC Milan layak menyandang predikat klub apes di Liga Champions lantaran 3 tahun beruntun selalu masuk dalam grup sulit.

UEFA telah melangsungkan drawing alias pengundian fase grup Liga Champions 2023/2024 pada Kamis (31/08/23) malam WIB. Hasilnya, AC Milan masuk ke Grup F.

Grup F sendiri bisa dibilang Grup Neraka karena berisikan tim-tim kuat seperti Paris Saint-Germain, Newcastle United, dan Borussia Dortmund. Menariknya, ini adalah kali kesekian AC Milan tergabung dalam grup sulit di Liga Champions.

Perlu dicatat, klub berjuluk Rossoneri tersebut baru kembali ke kompetisi kasta tertinggi Eropa pada 2021, setelah dalam tiga musim sebelumnya menjadi kontestan rutin Liga Europa.

Pada Liga Champions 2021/2022, yang menjadi penanda kembalinya mereka ke kompetisi antarklub Eropa paling bergengsi, AC Milan langsung bergabung dalam Grup Neraka yang berisikan Liverpool, Atletico Madrid, dan Porto.

Menghadapi tiga tim tersebut, AC Milan tak bisa berbicara banyak. Olivier Giroud dan kolega bahkan hanya mampu mengemas satu kemenangan sehingga keluar sebagai juru kunci grup.

Di musim selanjutnya, nasib AC Milan tak jauh beda. Mereka mesti berhadapan dengan Chelsea, Red Bull Salzburg, dan Dinamo Zagreb. 

Sesua prediksi, skuat asuhan Stefano Pioli pun dibabat habis oleh Chelsea dengan agregat 5-0 dalam dua leg. Beruntung, Rossoneri masih mampu lolos ke fase knock out sebagai runner up grup usai mengemas hasil positif kontra Dinamo Zagreb dan Red Bull Salzburg.

AC Milan bahkan mampu melangkah jauh hingga babak semifinal dengan berturut-turut menyingkirkan Tottenham Hotspur dan Napoli. Sayang, langkah mereka terhenti oleh rival sekota, Inter Milan, yang akhirnya melaju ke final dan menghadapi Manchester City.

Kini, dengan undian yang mempertemukan AC Milan dengan Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain, dan Newcastle United, tak sedikit yang memprediksi jika Il Diavolo Rosso akan bersusah payah untuk lolos dari fase grup.