In-depth

Mattia Caldara, Anomali di Daftar Skuad Liga Champions AC Milan?

Selasa, 5 September 2023 10:43 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Nama Mattia Caldara bakal terlihat mencolok di daftar skuad AC Milan untuk Liga Champions (Champions League) 2023/2024. Copyright: © Getty Images
Nama Mattia Caldara bakal terlihat mencolok di daftar skuad AC Milan untuk Liga Champions (Champions League) 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Nama Mattia Caldara bakal terlihat mencolok di daftar skuad AC Milan untuk Liga Champions (Champions League) 2023/2024.

Stefano Pioli kabarnya sudah menentukan draf pemain yang akan ia bawa untuk berlaga di Liga Champions musim ini.

Menurut laporan La Gazzetta dello Sport, ada nama Mattia Caldara sebagai pemain tidak terduga di daftar pilihan sang pelatih.

Bek berusia 30 tahun tersebut bisa dimainkan Stefano Pioli di laga kontra Newcastle United, Borussia Dortmund, dan Paris Saint-Germain (PSG).

Jika demikian, keberadaan Mattia Caldara di skuad Liga Champions AC Milan terlihat cukup anomali, mengingat sosok yang satu ini berada jauh di belakang pada sistem hierarki.

Bahkan, sejak bergabung pada 2018 lalu, ia lebih sering dikirim keluar sebagai pemain pinjaman - ke Atalanta, Venezia, dan yang teranyar Spezia.

Nasib Mattia Caldara ini pun membuatnya bak anak hilang yang belum banyak mencicipi kesempatan tampil untuk AC Milan.

Sejauh ini, ia belum mencatatkan satu pun penampilan dalam balutan seragam Rossoneri di Serie A Liga Italia.

Mattia Caldara hanya main dua kali untuk AC Milan masing-masing di Liga Europa dan Coppa Italia. Ia juga sering mengalami cedera.

Meski begitu, ia bisa menyodok masuk skuad Liga Champions AC Milan berkat statusnya sebagai hasil binaan akademi klub Italia - sebagaimana regulasi yang ditetapkan UEFA.

Bek tengah kelahiran Bergamo ini besar di Atalanta dan bergabung dengan tim senior mereka setelah mentas dari level Primavera.

Ia melakoni debut profesionalnya pada Mei 2014 dalam sebuah pertandingan menghadapi Catania di Serie A Liga Italia.

Namun setelah itu, Mattia Caldara terpinggirkan dan terus-terusan dikirim keluar sebagai pemain pinjaman.

Ia berusaha mengumpulkan menit bermain di Trapani dan Cesena sebelum angkat kaki ke Juventus (2017) lalu AC Milan (2018)

Mattia Caldara merapat ke AC Milan sebagai bagian kesepakatan klub dengan Juventus, yang turut melibatkan pertukaran pemain lainnya: Leonardo Bonucci.

Laga debutnya terjadi di pertandingan Liga Europa menghadapi F91 Dudelangi pada September 2018. Sayangnya, ia malah dihantam badai cedera setelahnya.