Timnas Indonesia

Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Bikin Vietnam Gemetar di Piala Asia

Kamis, 7 September 2023 12:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© (Photo by Peter Lous/Soccrates/Getty Images)
Jay Idzes saat memperkuat Go Ahead Eagles, kini ia menjadi salah satu target naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia. Copyright: © (Photo by Peter Lous/Soccrates/Getty Images)
Jay Idzes saat memperkuat Go Ahead Eagles, kini ia menjadi salah satu target naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia sukses membuat Vietnam gemetar jelang pertemuan di Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia berada satu grup dengan Vietnam, Irak dan Jepang di babak penyisihan grup Piala Asia 2023, pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Guna menambah kekuatan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong bersama PSSI berencana menambah kuota pemain naturalisasi, yaitu Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Jay Idzes merupakan pemain muda kelahiran Mierlo, Belanda, 2 Juni 2000 silam. Saat ini pemain usia 23 tahun itu dikontrak jangka panjang oleh klub Serie B Italia, Venezia.

Meski lahir dan besar di Belanda, Jay Idzes ternyata memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya yang berasal dari Jakarta, sehingga masuk kualifikasi untuk naturalisasi.

"Pemain asal klub Venezia, Jay Idzes akan diproses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia," kata Ketum PSSI, Erick Thohir, Rabu (6/9/23).

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan insya Allah akan menambah kekuatan timnas kita."

Selain Jay Idzes, publik sepak bola sudah lebih dulu dikejutkan dengan wacana untuk naturalisasi Nathan Tjoe-A-On, bek Swansea City yang bermain di kasta kedua Liga Inggris.

"Pemain tersebut memang tertarik untuk menjalani proses naturalisasi. Ia juga sepakat dan setuju untuk mengganti kewarganegaraannya jadi WNI," kata Shin Tae-yong.

"Namun, saya memang belum bisa memberi keputusannya sekarang, sebelum saya lihat langsung permainannya seperti apa," kata pelatih kepala Timmas Indonesia tersebut.