In-depth

Bedah Formasi Mengerikan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Usai Naturalisasi Jay Idzes

Jumat, 8 September 2023 20:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Instagram@jayidzes
Jay Idzes, pemain Venezia FC. (Foto: Instagram@jayidzes) Copyright: © Instagram@jayidzes
Jay Idzes, pemain Venezia FC. (Foto: Instagram@jayidzes)

INDOSPORT.COM - Formasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang akan semakin mengerikan bila PSSI sukses melakukan naturalisasi kepada Jay Idzes.

Piala Asia 2023 bakal dimulai pada Januari 2024 mendatang. Hal itu membuat Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong mencari amunisi tambahan dengan melakukan naturalisasi kepada Jay Idzes.

Nama Jay Idzes memang menjadi kejutan. Sebab memang sebelumnya dari nama-nama yang akan diproyeksi untuk dinaturalisasi tidak ada nama pemain berpaspor Belanda.

Namun bebeapa hari lalu Jay Idzes tiba ke Indonesia dan sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Tak pelak kalau pertemuan itu membuat gempar publik Tanah Air.

Disinggung mengenai sosok sang pemain dan apakah memang sudah sesuai dengan Shin Tae-yong, Erick Thohir pun akhirnya angkat suara.

"Gini, kembali PSSI punya scoting juga, Ketua Umum PSSI lumayanlah (jaringannya), jadi ya kami punya jaringan bagus," ujar Erick Thohir di Jakarta.

Namun Erick memang tidak menutupi bahwa semua pihak memang mempunyai andil untuk mencari bakat-bakat talenta pemain keturunan Indonesia yang bisa dinaturalisasi guna memperkuat Timnas Indonesia.

Sebab memang selain PSSI sendiri yang memiliki data scouting, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yang, dan juga Kemenpora selang perwakilan pemerintah Indonesia juga memiliki data-data.

“Tetapi dari pihak Kemenpora (juga) punya scouting, coach Shin punya, ya bagus, sama-sama kadang-kadang ada juga yang tidak terlihat, karena data banyak di mana-mana. Ini sinergitas,” jelas Erick Thohir.

Saat disinggung kapan proses naturalisasi Jay Idzes rampung, Erick Thohir pun berharap semua proses bisa berjalan segera mungkin.

“Ya kalau saya rasa sih secepatnya. Bahkan kalau bisa nanti malam sudah bisa bermain untuk Timnas Indonesia,” tutup Erick seraya tertawa.

Sementara itu, kehadiran Jay Idzes tentu akan menambah kuat terutama lini belakang Timnas Indonesia. Ia punya pengalaman karena malang-melintang di kompetisi Eropa.

Sebelum jadi tumpuan utama di lini pertahanan Venezia FC di kasta kedua Liga Italia musim ini, Jay Idzes sempat habiskan karier di Liga Belanda.

Tercatat, FC Eindhoven jadi klub profesional senior pertama yang diperkuat Jay Idzes pada tahun 2018 lalu.

Bersama klub tersebut, Jay Idzes torehkan 57 penampilan selama dua musim, sebelum akhirnya pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023.

Barulah pada musim panas kemarin, Jay Idzes hengkang ke Liga Italia bersama Venezia dan selalu jadi starter di semua ajang yang dijalani I Leoni alati.

Untuk melihat bagaimana formasi mengerikan Timnas Indonesia bila Jay Idzes sukses dinaturalisasi, berikut kami telah merangkumnya: