Timnas Indonesia

Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan, H2H, Jadwal, Live Streaming

Senin, 11 September 2023 14:41 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi Pertandingan antara Indonesia U-23 vs Turkmenistan U-23 (Kualifikasi Piala Asia AFC U23). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi Pertandingan antara Indonesia U-23 vs Turkmenistan U-23 (Kualifikasi Piala Asia AFC U23).

INDOSPORT.COM - Duel timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan di pengujung Kualifikasi Piala Asia 2024 Grup K diprediksi berjalan menarik. Belasan ribu suporter bakal menjadi saksi bentrokan di Stadion Manahan, Selasa (12/9/23).

Timnas U-23 sangat diunggulkan untuk menjadi juara Grup K berkat kemenangan 9-0 atas Chinese Taipei. Skor mencolok itu membuat mereka berada di atas Turkmenistan yang hanya menang 4-0.

Secara matematis timnas Indonesia U-23 hanya butuh hasil seri untuk lolos menuju Qatar. Namun, menahan Turkmenistan di Solo juga bukan perkara mudah.

Turkmenistan merupakan tim yang sukses menembus babak 8 besar Piala Asia 2022. Beberapa nama yang ada di tim tersebut masih berlaga di Solo, salah satunya Shamammet Hydyrow.

Sangat mungkin bagi Indonesia untuk mengubah strategi dari 4-4-2 ke 3-4-3 atau 3-5-2. Satu pemain di sektor gelandang atau depan dikorbankan dengan tujuan menambah slot lini belakang.

Kemungkinan besar trio lini belakang akan dihuni Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga dan Elkan Baggott. Ketiganya sudah klop karena terbiasa bareng di timnas mulai Piala AFF 2020.

Salah satu keputusan paling menarik adalah sosok penghuni lini depan. Shin Tae-yong kemungkinan hanya memilih satu nama antara Rafael Struick atau Ramadhan Sananta di starting eleven.

Satu pilihan ini dituntut tak membuang-buang peluang di depan gawang Turkmenistan. Jika kebuntuan terjadi, maka Turkmenistan bisa memberi ancaman lewat Shamammet Hydyrow.

Saat melawan Chinese Taipei lalu, Shamammet mencetak satu gol dari tendangan bebas dan dua gol dari open play. Shamammet akan membuat sibuk Elkan, Ridho, dan Dewangga.

Selain lini depan yang tajam, Turkmenistan juga punya pertahanan kuat. Yhlas Toyjanov yang berstatus penggawa timnas senior Turkmenistan akan memberi komando dalam menghalau Ramadhan Sananta dkk.

Prakiraan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari Sutaryadi; Rizky Ridho, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga; Ilham Rio Fahmi, Ivar Jenner, Arkhan Fikri, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick

Turkmenistan (4-4-2): Ahally Tyev Rystem; Yhlas Toyjanov, Oraz Orazov, Myelis Durdyyev, Sapargulyyev Arzuvguly; Rahman Myratberdiyev, Yagshysahet Dovletgeldiyev, Mamiyev Begench, Umarov Salim, Nurmyrat Rozyyev, Shamammet Hydyrow