In-depth

3 Hal Menarik dari Daftar Skuat Liga Champions Arsenal Pilihan Mikel Arteta

Selasa, 12 September 2023 14:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Marc Atkins/Getty Images
Mikel Arteta baru saja selesai menyusun skuad Arsenal yang diproyeksikan akan berlaga di Liga Champions (Champions League) 2023/2024. Foto: Marc Atkins/Getty Images. Copyright: © Marc Atkins/Getty Images
Mikel Arteta baru saja selesai menyusun skuad Arsenal yang diproyeksikan akan berlaga di Liga Champions (Champions League) 2023/2024. Foto: Marc Atkins/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mikel Arteta baru saja selesai menyusun skuad Arsenal yang diproyeksikan akan berlaga di Liga Champions (Champions League) 2023/2024.

Dilansir dari laman resmi klub, Arsenal telah mengirim daftar A yang berisi 25 pemain sesuai regulasi UEFA.

Dua di antara 25 pemain tersebut harus berposisi sebagai kiper, sedangkan delapan lainnya wajib berstatus locally-trained.

Locally-trained yang dimaksud di sini adalah, pemain yang sudah berada di klub selama tiga musim penuh (36 pekan) dan berusia di antara 15 sampai 21 tahun.

Perubahan di daftar A ini masih bisa dilakukan sebelum 16 Februari 2024, saat klub bisa mengganti maksimal tiga pemain dengan kuota tetap berada di angka 25.

Musim ini, para suporter Arsenal tentu sudah tidak sabar menyaksikan aksi para pemain kesayangan mereka kembali ke kompetisi top Eropa.

Untuk diingat kembali, Arsenal terakhir kali bermain di Liga Champions pada musim 2016/2017 dan itu pun hanya sampai fase 16 besar.

Setelahnya, mereka hanya menjadi tim langganan Liga Europa dari musim ke musim, dengan raihan terbaik di semifinal pada 2017/2018 dan 2020/2021.

Anak-anak asuh Mikel Arteta akan memulai perjalanan mereka di Liga Champions musim ini dengan berlaga di putaran grup.

Mereka berada di Grup B bersama spesialis juara Liga Europa, Sevilla, dan dua rival lainnya: RC Lens dan PSV Eindhoven.

Laga pertama grup akan dimulai pada 20 September ini dan lawan yang bakal dihadapi adalah PSV Eindhoven.

Untuk itulah, Mikel Arteta pastinya sudah memikirkan ramuan terbaik agar skuad yang ia bawa bisa meraih hasil maksimal di laga putaran grup.

Meski begitu, ada beberapa hal menarik dari skuad Liga Champions Arsenal yang baru diumumkan belum lama ini. Apa saja?

Absennya Nama Besar

Salah satu hal yang paling mencolok dari daftar A skuad Arsenal di Liga Champions 2023/2024 adalah absennya bek Belanda, Jurrien Timber.

Pemain yang satu ini harus menepi untuk waktu yang mungkin lama setelah mengalami cedera ACL di laga kontra Nottingham Forest tempo hari.

Untungnya, ada peluang ia akan dimasukkan ke daftar baru tahun depan apabila sudah fit dan Arsenal berhasil lolos ke fase gugur.

Jurrien Timber sendiri baru bergabung dnegan Arsenal di bursa transfer pemain musim panas ini dari Ajax Amsterdam.

Namun baru bermain satu pertandingan di Liga Inggris, ia sudah harus menepi karena cedera ACL di bagian lutut kanan dan membutuhkan operasi.

Di satu-satunya laga ia menghadapi Nottingham Forest, Jurrien Timber sejauh ini telah mengoleksi 50 menit bermain.